Tips Menjual Sepeda Bekas

Setiap orang tentunya ingin memiliki rumah yang rapi, salah satu caranya adalah dengan memilah barang mana yang masih sering dipakai dan mana yang sudah tidak pernah dipakai. Untuk menyortir barang yang sudah jarang dipakai ini bisa dengan menjualnya, salah satu barang yang bisa dijual adalah sepeda bekas. Namun ada beberapa hal yang perlu dilakukan ketika hendak menjual sepeda second agar cepat terjual, yaitu sebagai berikut:

baca juga: Ketahui Harga Sepeda Bekas dan Panduan Membelinya Disini

  1. Bersihkan Sepeda

Sebelum dijual, bersihkan sepeda secara detail. Sepeda yang bersih akan diincar oleh pembeli. Cara pembersihannya pun sebagaimana biasanya, yaitu dengan mencuci sepeda sehingga tidak terdapat kotoran yang menempel, termasuk lumpur yang menempel di ban. Sebelum pembeli datang, tak ada salahnya untuk mencuci sepeda terlebih dahulu.

  1. Perbaiki Sepeda

Jangan menjual sepeda yang rusak, oleh karena itu apabila ada penyok atau goresan-goresan kecil segera perbaiki. Dengan memperbaiki kerusakan sepeda, hal ini bisa membuat harga sepeda lebih tinggi. Apabila ada bagian sepeda atau suku cadang yang perlu diganti, maka sebaiknya diganti, misalnya seperti kampas rem, rantai, dan kabel.

  1. Tambahkan Bonus

Agar banyak orang tertarik, tak ada salahnya untuk memberikan tambahan bonus apabila memang serius membeli sepeda, misalnya seperti bonus ekstra kit.

  1. Promosi Lewat Internet

Saat ini banyak media di internet yang bisa digunakan untuk menjual barang-barang bekas, selain mengiklankan di lapak penjualan yang gratis, promosikan juga lewat forum dan sosial media. Saat menjual di internet, tulis semua detail barang, dan cantumkan bahwa itu adalah barang bekas. Sertakan pula kelebihan dan kekurangan sepeda, tampilkan foto dari berbagai sisi, sehingga calon pembeli bisa melihat kondisi sepeda.

  1. Harga yang Sesuai

Berikan harga yang sepadan dengan kondisi barang, jual dengan separuh harga pembelian, namun jika sudah ada beberapa bagian yang baru diganti, tidak ada salahnya untuk menjual dengan tiga perempat dari harga pembelian.

  1. Nego

Buka penjualan dengan harga nego, ini merupakan strategi yang akan membuat orang lain tertarik untuk membeli. Sebelum dinego, sebaiknya lebihkan atau tinggikan dari harga yang diinginkan, dengan begini harga yang disepakati nantinya tidak akan terlalu murah atau rendah. Hargai jumlah nego dari pembeli agar pembeli tidak kabur. Intinya lakukan nego dengan bijak.

  1. Jual Secara Offline

Selain melakukan promosi lewat online, lakukan juga promosi secara offline, seperti ke saudara, tetangga, teman nongkrong, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk meminta bantuan mereka untuk ikut menyebarkan promosi agar sepeda bekas bisa lekas laku.

Itulah tips yang bisa dilakukan ketika ingin menjual sepeda bekas. Sepeda yang ada di gudang dan tidak pernah terpakai, daripada rusak, lebih baik dijual sehingga bisa mendapatkan uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *