Sepeda Sport yang Cocok untuk Wanita

Salah satu jenis sepeda yang kini banyak diminati adalah sepeda olahraga atau bicycle sport. Jenis sepeda ini merupakan sepeda yang dikhususkan untuk berolah raga, baik dalam rangka berolah raga menempuh jarak jauh, olahraga adrenalin yang melewati medan berat, hingga freestyle. Saat ini, bermain sepeda untuk ajang olahraga semakin populer di kalangan anak-anak muda, khususnya anak muda yang tinggal di kota-kota besar. Saat ini, banyak sekali lintasan olahraga bersepeda yang dibangun di berbagai kota untuk memanjakan para penggemar bicycle sport. Salah satu peminat olahraga sepeda yang tidak kalah besar adalah para wanita atau perempuan remaja. Olahraga bersepeda memang tidak lagi didominasi oleh kaum pria, para wanita kini banyak yang menggemarinya. Namun sayangnya, tidak semua jenis sepeda sport cocok digunakan oleh para wanita. Berikut ini adalah jenis atau model sepeda untuk berolahraga yang cocok digunakan untuk wanita.

baca juga: Harga Sepeda Kantor untuk Wanita

  1. Sepeda dengan Rangka Rendah

Salah satu kesulitan utama seorang wanita yang ingin mengendarai sepeda adalah jika rangka atau jenis framenya tinggi. Banyak sekali sepeda yang didesain dengan rangka sejajar atau sama tinggi dengan sadel. Rangka sepeda yang tinggi bukan hanya akan menyulitkan para wanita dalam berkendara, melainkan juga akan membahayakan wanita. Contohnya, jika kaki si wanita pengendara tidak mampu menggapai tanah ketika mengemudi sepeda, maka ia akan jatuh, dan jatuhnya akan langsung ke rangka sehingga akan membahayakan bagian selangkangan wanita. Kasus pendarahan pada wanita ketika bersepeda terjadi karena ukuran rangka yang terlalu tinggi.

Bagi wanita yang menggemari olahraga bersepeda, dianjurkan untuk memilih sepeda sport yang memiliki rangka rendah. Pastikan bahwa tingga badan si pengendara sesuai dengan rangka sepeda yang dipilih.

  1. Sadel yang Nyaman

Salah satu faktor yang menunjang kenyamanan wanita dalam mengendarai sepeda adalah bagian sadelnya. Jika sadelnya terlalu keras dan ujungnya terlalu runcing atau lancip, justru akan berbahaya bagi wanita. Oleh sebab itu, carilah sepeda dengan sadel yang lembut dan nyaman, yang dudukannya agak lebar sehingga mampu menampung seluruh bagian bokong wanita yang akan mengendarai sepeda tersebut. Hindari penggunaan sepeda dengan sadel yang keras.

  1. Memperhatikan Jarak Sadel ke Setir

Postur tubuh wanita tentu berbeda dengan postur tubuh laki-laki, sehingga sepeda laki-laki tidak akan cocok sepenuhnya jika digunakan oleh wanita. Salah satu bagian yang peling mencolok yang membedakan sepeda pria dengan sepeda wanita adalah jarak dari sadel ke setir atau tiang kemudi. Sepeda pria dibuat dengan rangka yang lebih panjang dari setir ke sadelnya. Oleh sebab itu, para wanita yang suka berolah raga dengan sepeda, disarankan memilih sepeda sport dengan panjang rangka di bawah 90 cm, agar punggungnya tidak terlalu membungkuk, sebab posisi berkendara yang terlalu membungkuk akan membuat punggung lebih cepat sakit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *