Tingkat Kesadaran Penggunaan Helm Sepeda di Indonesia

Sepeda adalah salah satu alat transportasi favorit dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, baik itu oleh laki-laki dan perempuan, juga oleh anak-anak maupun dewasa. Penggunaan sepeda di Indonesia selain digunakan sebagai sarana transportasi juga digunakan sebagai alat olahraga serta alat untuk hiburan. Tingkat penggunaan sepeda di Indonesia memang tinggi, akan tetapi tingkat kesadaran untuk menggunakan helm sepeda di Indonesia terbilang rendah. Kenapa hal ini bisa terjadi? Beberapa alasannya adalah selain karena kebiasaan juga karena cara pandang masyarakat Indonesia.

Sejak dulu, kebiasaan orang yang menggunakan sepeda tidaklah menggunakan helm, hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia menganggap bahwa sepeda adalah sarana transportasi yang aman karena memiliki laju yang rendah atau pelan. Oleh karena itu, masyarakat sekarang pun mengikuti kebiasaan tersebut, padahal menggunakan sepeda pada zaman dahulu tentunya berbeda dengan menggunakan sepeda zaman sekarang.

Jika zaman dahulu, lalu lintas di jalanan cenderung sepi, untuk sarana transportasi yang lewat pun lebih banyak adalah sepeda atau sarana transportasi tradisional seperti andong. Kalaupun ada kendaraan bermotor seperti mobil dan motor tentunya tidak seramai seperti sekarang ini.

Zaman sekarang lalu lintas di jalanan dipenuhi dengan beragam kendaraan bermotor yang melaju dengan kencang, hal ini membuat pengendara sepeda menjadi dianaktirikan dan harus mengalah dengan pengendara motor dan mobil. Laju sepeda memang rendah, akan tetapi laju kendaraan lain semakin cepat, maka bisa jadi motor atau mobil menyenggol, menyerempet, atau bahkan menabrak pengguna sepeda. Oleh karena itu, inilah pentingnya menggunakan helm sepeda, yaitu untuk menjaga keselamatan pengendara sepeda.

Akan tetapi, cara pandang masyarakat sekarang masihlah sama dengan masyarakat dulu ketika memandang sepeda sebagai sarana transportasi yang aman karena tidak memiliki mesin. Sepeda memang sarana transportasi yang terbilang aman, akan tetapi lalu lintas jalanan lah yang kini tak lagi aman dan tak lagi ramah bagi pengendara sepeda.

Apalagi sekarang jalanan banyak yang rusak dan berlubang, hal ini juga bisa mengintai keselamatan para pengendara sepeda yang bisa saja terjatuh ketika melewati lubang-lubang di jalanan, oleh karena itu jangan sepelekan keselamatan.

Harga helm untuk pengendara sepeda memang terbilang mahal, apalagi yang memiliki brand terkenal, akan tetapi keselamatan diri tentunya lebih mahal lagi. Oleh karena itu penggunaan helm ketika mengendarai sepeda janganlah disepelekan.

Kepala merupakan bagian paling vital dari tubuh manusia, oleh karena itu harus diberikan perlindungan ekstra, salah satunya adalah dengan menggunakan helm. Apalagi jika mengendarai sepeda dengan jarak jauh, tentunya helm haruslah dipersiapkan. Keselamatan diri haruslah diutamakan, jangan sampai menyesal karena lalai tidak menggunakan helm sepeda ketika berkendara sepeda di jalanan.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *