Cara Memilih Frame Sepeda

Memilih frame sepeda tidaklah mudah. Para pecinta gowes sepeda pasti paham dengan kalimat ini. Sebab, mereka sadar bahwa frame sepeda adalah bagian yang paling dominan. Bagian ini merupakan penopang utama bagi sebuah sepeda. Ketika gowes, frame bisa menjadi faktor yang menentukan kenyaman dan keamanan ketika bersepeda. Maka, masalah frame sepeda cukup kompleks. Kita harus hati hati sebelum membeli sebuah frame sepeda. Harus paham detail dan struktur frame sepeda yang bagus itu seperti apa. Tidak sekedar soal ukuran frame sepeda yang terdiri S, L, dan XL semata. Seorang pecinta sepeda sejati harus jeli ketika memilih frame sepeda. Maka dari itu, berikut ini kami sajikan frame sepeda itu?

baca juga: Mengenal Jenis dan Keunggulan Frame Sepeda Sesuai Medannya

  • Ukuran

Perkara ukuran geometri frame sepeda adalah hal yang utama. Karena ini sangalah berpengaruh dengan posisi keseimbangan sepeda. Anda harus paham ukuran geometri framenya. Sudut yang kanan dan yang kiri harus sama. Tak boleh berat sebelah karena bisa membuat laju sepeda tidak seimbang. Jangan sampai ukuran ini membuat anda tertimpa celaka. Jadi, frame sepeda sangatlah penting bagi penopang keseimbangan.

  • Stand Over Height

Tinggi stand bodi frame juga harus diperhatikan. Jangan sampai terlalu tinggi sehingga membuat anda sulit untuk mengendarai sepeda anda. Hal ini juga menimbulkan pengaruh pada sadel sepeda anda. Jangan sampai anda kesulitan mengayuh sepeda karena stand over height yang terlalu tinggi. Ini juga punya peran penting dalam posisi anda ketika berkendara. Sehingga anda tetap dalam keadaan stabil ketika melaju cepat.

  • Cockpit Legth

Posisi ketika mengayuh sangat dipengaruhi dengan posisi stang stir cockpit leghth. Ini membuat anda nyaman ketika berkendara. Karena posisi ini membuat anda tak perlu mengayuh laj sepeda dengan tenaga yang kuat. Ini perlu jadi perhatian karena bagian ini juga bisa membuat anda celaka apabila lalai. Frame sepeda pada bagian ini menjadi kuat.

  • Leght Extension

Leght extension juga merupakan bagian dari frame sepeda yang sangat penting. Karena fungsinya sebagai safety saat berkendara. Frame sepeda ditopang fungsinya oleh keamanan leght extension. Dan baiknya ini menjadi perhatian para goweser yang ingin membeli sebuah frame sepeda.

Berikut tadi adalah beberpa paparan tentang frame sepeda. Anda bisa memperhatikan bagian tersebut sebelum membeli sebuah frame sepeda. Saran ini penting karena bila anda membeli frame sepeda yang salah, itu sangatlah berbahaya. Jangan salah membeli, yang membuat anda pada akhirnya menyesal. Frame sepeda tak hanya soal penampilan sepeda saja, tetapi juga soal keamanan safety ketika berkendara. Maka dari itu anda harus sebisa mungkin untuk teliti sebelum membeli. Frame sepeda yang salah bisa membuat anda celaka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *