Merawat Sepeda Gunung

Akhir-akhir banyak sekali orang terserang hobi bersepeda. Khususnya bersepeda dengan sepeda gunung. Konon, wabah sepeda gunung ini ditengarai oleh maraknya kampanye go green yang mengaungkan pentingnya hidup ramah lingkungan. Kampanye ini mendorong orang orang untuk memulai hidup sehat dengan menciptakan lingkungan yang bebas dari polusi. Maka, banyak orang yang mulai beralih dari kendaraan berasap ke sepeda yang tidak mengeluarkan asap. Lebih ramah lingkungan dan sehat. Selain untuk kegiatan sehari-hari seperti berangkata ke sekolah atau berangkat kerja, sepeda gunung juga sering dipakai untuk kegiatan off road. Yang mana selalu membuat sepeda gunung dipenuhi oleh dekilnya lumpur. Untuk itu, seorang pecinta sepeda sejati harus tetap menjaga sepeda gunungnya agar tetap bersih. Berikut ini adalah tips untuk merawat sepeda gunung anda agar tetap dalam kondisi baik dan awet. Berikut adalah paparannnya.

baca juga:Tips Merawat Sepeda Gunung

  • Cucilah sepeda anda secara rutin

Mencuci sepeda adalah salah satu kewajiban para pecinta sepeda. Karena, banyak para pengguna sepeda yang sering abai dengan kondisi sepedanya. Lekaslah cuci sepeda anda selepas off road khususnya. Pakailah shampoo pencuci motor atau mobil yang mengandung silikon. Fungsinya adalah untuk menjaga kelembapan sepeda anda dan memudahkan membersihkan kotoran. Selain itu, pakailah sikat gigi bekas untuk menggosok bagian bagian tersulit. Lalu, lumuri lantai dengan oli bekas apabila sepeda selesai dicuci.

  • Memastikan Rem selalu dalam kondisi baik

Untuk selanjutnya yang mesti diperhatikan adalah adalah kondisi rem sepeda. Pastikan kabel rem benar-benar berfungsi sehingga rem dalam kondisi aman. Hal ini penting karena rem merupakan faktor utama dari keselematan anda. Jangan sampai anda mengabaikan fungsi dari rem ini. Kalau bisa, selalu lakukan penyetelan rem apabila rem anda mulai tak renggang. Rapatkanlah rem anda selalu agar sewaktu-waktu saat digunakan rem anda tidak mati.

  • Melindungi rantai dengan pelumas

Rantai sebuah sepeda memiliki kekuatan yang terbatas. Apabila usianya sudah lama, ia akan aus dan mulai renggang. Akibatnya, setiap kali anda mengayuh sepeda anda, rantai akan mudah sekali los. Karena itu, anda juga harus tetap merawat rantai sepeda anda. Caranya adalah melumuri rantai anda dengan oli. Atau tentu lebih baiknya dengan pelumas khusus. Selalu perhatikanlah ini. Pelumas akan membuat rantai anda tetap terjaga dan memungkin rantai tak gampang los atau bahkan selip.

  • Memeriksa kondisi ban

Periksalah selalu kondisi angin pada ban anda. Minimal udara pada ban berkisar antara 30 – 40 psi. Jika ingin ban lebih awet dan tak gampang bocor, gunakanlah angin nitrogen pada saat memompanya di pom bensin. Gantilah selalu ban setiap enam bulan sekali apabila ban mulai tipis.

Berikut tadi adalah beberapa tips untuk merawat sepeda anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *