Tips Memilih Sepeda Anak

Kegemaran anak-anak terhadap berbagai macam permainan tentulah bukanlah hal yang salah. Namun, kegemaran anak terhadap permaianan yang justru membuatnya menjadi monoton dan jarang bergerak justru mampu menimbulkan dampak buruk terhadap anak. Salah satu jenis permaianan tersebut, misalnya adalah game online atau game yang ada pada smartphone. Permainan jenis ini pada beberapa sisi memang memilki beberapa manfaat, tetapi di satu sisi juga menimbulkan dampak negatif yang bisa membuat anak jarang bergerak. Padahal gerak tubuh pada anak-anak bisa mempengaruhi proses pertumbuhannya. Oleh karena itu, upayakanlah anak anda untuk melakukan berbagai permaianan yang melatih otot tubuhnya. Atau minimal, permainan yang juga mengandung olahraga. Bersepeda misalnya. Bersepeda ternyata tak hanya menjadi hobi orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Namun, untuk anak-anak, kita juga harus bisa memilih sepeda anak yang aman dan sesuai dengan usianya. Maka, berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih sepeda anak yang bisa anda pertimbangkan sebelum membeli sepeda anak.

baca juga:  Memilih Sepeda Anak yang Aman dan Awet

  • Sesuaikan usia

Tentunya, yang pertama dilakukan adalah menyesuaikan usia anak anda dengan sepeda yang cocok dengannya. Anda tentu tak akan memilih sepeda roda dua untuk anak usia lima tahun yang baru saja masuk TK. Karena, tentu itu tak aman.

  • Sesuaikan ukuran

Ukuran juga merupakan hal utama. Sebaiknya anda melihat ukuran fisik anda terlebih dulu sebelum membelikannya sepeda anak. Sesuaikan dengan tinggi badannya, khususnya kakinya dan tangannya. Ini harus sesuai dengan ukuran stang setir dan sadel sepeda. Jangan sampai anak anda kesulitan ketika mengendarai sepeda itu.

  • Rangka sepeda

Langka selanjutnya ialah memastikan rangka sepeda dalam kondisi yang baik. Untuk memastikan ini, anda bisa melihat rangka dari ban depan. Pastikan kondisi rangka lurus dengan stang setir. Hal ini penting karena rangka yang lurus akan berdampak pada keseimbangan anak anda ketika mengendarainnya.

  • Stang setir

Setelah anda memastikan kondisi rangka, anda juga harus memastikan kondisi stang setir. Lurus dan seimbang. Karena ini juga berkaitan dengan rangka. Anda bisa memastikannya dengan cara menjepitkan kaki anda pada ban depan sembari memastikan stang lurus.

  • Pelindung rantai dan rem

Dan terakhir adalah pelindung rantai dan rem. Pelindung rantai adalah salah satu perangkat wajib bag sepeda anak. Karena ini menyangkut keamanan sang anak. Anak-anak yang masih belajar mengendarai sepeda, bisa rentan bergesekan dengan rantai. Atau bahkan yang paling berbahaya apabila ada bagian dari baju pakaian anak yang terselip pada rantai. Lalu, yang tak kalah penting adalah rem sepeda. Rem sepeda tentu adalah faktor keselamatan yang paling utama. Karena kecelakaan bisa terjadi jika rem pada sepeda anak tidak aman.

Itulah tadi beberapa tips memilih sepeda anak sebelum anda membelinya. Silahkan dijadikan pertimbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *