Tips Merawat Sepeda Gunung

Sepeda gunung yang terawat, ketika dijual harganya akan tetap tinggi. Maka dari itu seorang bikers sejati harus pandai untuk merawat sepeda gunung miliknya dengan baik. Selain itu, sepeda gunung yang biasanya digunakan untuk kegiatan off road biasanyaakan muda kotor. Medan off road yang penuh lumpur membuat sepeda gunung jadi terkena lumpur yang lengket. Dan itu tentu saja, bila dibiarkan akan merusak bodi sepeda gunung. Sebab itu, ada beberapa cara khusus untuk merawat sepeda gunung. Tidak boleh sembarangan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat sepeda gunung yang bisa anda terapkan.

baca juga: Macam-macam Aksesoris Sepeda Gunung

  1. Lepaskanlah semua assesoris

Sepeda gunung yang biasanya digunakan setelah off road akan sulit di cuci. Sebab biasanya lumpur akan lengket dan mudah mengering pada celah-celah yang sulit maka dari itu, langkah yang harus dilakukan adalah melepas beberapa perangkat, seperti ban sekaligus velgnya. Anda bisa merendamnya pada air yang mengandung shampoo sepeda. Anda juga bisa melepas assesoris lain seperti bel, spidometer, dan lampu. Ini akan memudahkan anda ketika mencucinya.

  1. Lakukan down tube untuk membersihkan

Biasanya bagian yang paling luput dari proses pencucian adalah bagian bawah. Maka sebab itu, ketika mencuci sepeda gunung anda baiknya membalik sepeda anda. Sehingga anda bisa mencucinya bagian bawah dengan leluasa. Seperti pad sadel, atau pun bada penyangga gear sepeda gunung.

  1. Bersihkan sistem roda

Langkah selanjutnya ialah membersihkan sistem roda, Anda bisa membersihkan sistem roda dengan pembersih khusus bernama WD 40. Sistem roda terdiri dari as dan sistem itu sendiri. Maka, sebisa mungkin bersihkan celah-celah yang paling sulit. Karena roda menopang laju sepeda MTB anda.

  1. Mengecek kelancaran sistem roda

Terakhir, anda bisa mengecek kelancaran sistem roda anda. Pengecekan ini bisa dilakukan dengan meneteskan oli pada sistem roda. Kemudian memutarnya secara terus menerus. Ini adalah bagian paling penting untuk merawat sepeda mtb anda. Karena bagian sistem roda ini adalah bagian yang rentan rusak. Oleh karena itu, harus menjadi perhatian khusus.

Berikut tadi ialah eberapa tips untuk merawat sepeda MTB atau yang lebih dikenal sebagai sepeda gunung. Anda para bikers sejati pastilah sangat peduli dengan perawatan sepeda anda. Maka oleh karenanya, tips tips tersebut bisa anda praktekkan secara rutin pada speda MTB anda. Hal ini tentulah tak sia sia karena sepeda mtb yang terawat akan membuat harganya tetap terjaga. Anda bisa melakukan praktek ini. Sepeda mtb yang baik memang bukanlah sepeda yang hanya digunakan saja, tetapi juga dirawat dengan rutin oleh pemiliknya. Semoga anda termasuk biker sejati yang rajin merawat sepeda mtb anda ya! ☺

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *