Tips Membeli Sepeda Bekas

Membeli sepeda baru bagi seseorang yang ingin memulai hobi bersepeda mungkin bisa menjadi pilihan yang baik. Namun, yang perlu diingatkan bahwa tak selalu mereka yang ingin bergelut dengan hobi bersepeda adalah mereka yang bikers sejati. Tak selalu. Kebanyakan adalah orang-orang yang hanya ingin mengikuti tren bersepeda yang musiman. Dan pada akhirnya, sepeda baru yang dibeli dengan harga mahal justru terbengkalai. Atau bahkan menjadi rongsokan. Alhasil, jika ingin dijual pun harganya sangatlah menyedihkan. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin memulai hobi bersepeda, sebaiknya jangan terlalu gegabah untuk segera membeli sepeda baru. Pertimbangkanlah terlebih dahulu. Jalanilah terlebih dahulu hobi anda itu. Maka, tak ada salahnya jika anda mencoba memulai hobi anda dengan membeli sepeda bekas. Kualitas sepeda bekas tak selalu buruk. Jika anda pandai memilih sepeda bekas dengan baik, anda akan mendapatkan sepeda bekas dengan kualitas baru tetapi harganya pantas. Berikut ini adalah tips sebelum anda membeli sepeda bekas.

  • Pastikan tidak ada karat

Pertama-tama jika anda memilih sepeda bekas, anda harus mengecek body  sepeda tersebut. Periksalah setiap jengkalnya secara menyeluruh. Pastikan sebisa mungkin kalau di badan sepeda tidak ada sebercak karat pun. Meskipun hanya sebercak, karat bisa melebar dan menggerogoti semua batang tubuh sepeda. Pastikan juga tak ada bercak karat pada velg sepeda.

Baca Juga: Tips Membeli Sepeda Bekas Model Mount Bike

  • Stang setir

Tips selanjutnya ialah memeriksa stang setir sepeda. Pastikanlah stangnya benar-benar lurus tanpa bengkok. Sebab, setir salah satu perangkat sepeda yang sangatlah penting karena berhubungan pada faktor keamanan dan kenyamanan.

  • Pastikan semua perangkatnya original

Dan inilah bagian yang sebenarnya paling penting: yaitu memastikan bahwa sepeda bekas yang akan anda beli masih dilengkapi dengan perangkat yang masih bawaannya. Alias masih masih original, belum ada modifikasi apapun. Jika sudah ada bagian-bagian yang di ganti, seperti misalnya setir, dan anda menemukan bekas las, sebaiknya jangan di beli.

  • Ban

Setelah memastikan keseluruhan bodi, yang kemudian harus diperhatikan ialah ban luar. Periksalah ketebalan kulit ban. Karena ban yang sudah tipis sangatlah tidak aman. Jika terlalu lama terkena panas matahati bisa mudah pecah.

  • Harga

Dan yang paling akhir tentu soal harga. Usahakanah untuk mencari dulu harga terbarunya di internet. Banyak daftar informasi harga yang menyediakan itu. Dari merk seperti Polygon sampai Wicylce. Pilihlah sepeda dengan selisih ceruk harga yang ideal. Tak terlalu murah dari harga baru atau pun tak terlalu mahal.

Berikut tadi adalah beberapa tips untuk membeli sepeda bekas. Melalui tips tersebut anda tentu akan mendapatkan sepeda bekas dengan harga yang pantas, bahkan jika anda beruntung, anda bisa mendapatkannya dengan harga murah. Atau paling tidak, pas untuk ukuran kocek anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *