Tips dan Trik Memindahkan Gear Sepeda

Salah satu perangkat yang paling penting bagi sebuah sepeda adalah gear. Sepeda gunung biasanya dilengkapi oleh perangkat gear bergandar. Fungsinya tentu saja, selain untuk mengatur laju saat berkendara, juga berfungsi sebagai perangkat keamanan. Gear pada sepeda harus dirawat secara rutin agar awet. Selain itu, penggunaannya juga tak boleh serampangan. Harus dengan aturan yang benar. Jika mengendarai sepeda dan memindahkan gear tanpa aturan alias serampangan, hasilnya adalah kerusakan pada gear.

baca juga:Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Sepeda Sport

Cara memindahkan gear sepeda yang efektif juga membantu kita saat berkendara. Seperti ketika menghadapi tanjakan, kita harusnya memindahlkan gear pada bagian yang mengetat bukan merenggang, agar ketika menginjak sadel sepeda, kita tenaga kita tidak terlalu terkuras banyak. Oleh sebab itu, berikut ini kami sajikan beberapa tips dan trik untuk memindahkan dan mengatur gear sepeda.

  • Front Deraileur atau Gear Gigi Depan ( FD)

Terdiri dari bagian paling kecil (gigi 1), sedang (gigi 2), besar (gigi 3). Ketika kita menghadapai jalan yang menanjak curam. Kita bisa menggunakan fungsi gigi paling kecil (gigi 1), dengan memindahkan pada posisi ini, kayuhan kita akan terasa lebih mantap dan bertenaga. Namun, jika kita kembali dengan jalan yang lurus lempang tanpa tanjakan dan turunan, kita bisa memindahkan gigi ukuran sedang (gigi 2) agar kayuhan menjadi nornal kembali. Kita bisa melaju dengan santai dalam posisi gigi 2. Selanjutnya, jika kita ingin ngebut, dengan kayuhan yang cepat dan ringan, kita bisa memindahkan gigi ke posisi gigi paling besar (gigi 3).

  • Rear Deraileur atau Gear Gigi Belakang ( RD)

Bagian ini terdiri dari dua gigi besar yaitu gigi 7 dan gigi 8. Tapi hal ini tak berlaku untuk semua jenis sepeda, karena ada pula gear sepeda yang terdiri dari 11 set. Jadi, tergantung dengan jenis sepeda. Sedangkan untuk menggunakan fungsi dua gigi ini, sebenarnya hampir sama dengan front daraileur, hanya berbeda soal efektivitas semata.

  • Cara Melakukan Lompatan Gigi

Jika kita sudah mengenal dua bagian tersebut, gear gigi depan dan gigi belakang, yang harus kita pelajari selanjutnya adalah trik untuk melakukan lompatan gigi. Kemampuan inilah yang paling krusial. Karena, jika kita sembrono atau serampangan ketika melakukan lompatan gigi atau memindakan gigi, sprocket rantai bisa putus dan tentu saja itu berbaya. Kita harus mampu membaca track yang kita lalui. Sebaiknya, jika ingin melakukan lompatan gigi, kita harus memelankan laju sepeda kita. Gear sepeda akan mudah selip jika kita melakukan lompatan gigi dengan kecepatan tinggi.

Itulah tadi paparan tips dan trik untuk memindahkan gear sepeda yang bisa anda praktekkan. Tentunya, perlu latihan. Apalagi bagi para bikers yang masih awam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *