Tips Memilih Sepeda Baru

Apakah anda termasuk orang yang terserang kampanye go green? Ataukah anda dirayu rayu oleh kawan untuk membiasakan gerakan bike to school atau bike to work? Jika memang iya, pertama-tama yang ada di kepala anda adalah membeli sepeda baru untuk membiasakan diri naik sepeda. Namun, yang perlu diperhatikan adalah cara memilihnya. Anda harus punya pertimbangan khusus sebelum memutuskan diri untuk membeli sepeda baru. Pertimbangan finansial atau pun pertimbangan kebutuhan. Sungguh, jika anda membeli sepeda baru dengan gegabah, anda hanya akan diliputi rasa sesal nantinya. Berikut ini kami paparkan beberapa tips memilih sepeda baru. Silahkan disimak!

  • Pilihlah jenis sepeda sesuai dengan kebutuhan

Pertama-tama yang harus dipertimbangkan adalah kebutuhan anda memiliki sepeda apa? Jika anda membutuhkan sepeda untuk kegiatan touring atau bahkan off road, anda bisa memilih membeli sepeda gunung ( mountain bike). Sepeda jenis ini sangatlah cocok untuk kegiatan tersebut. Anda bisa menikmati bersepeda di bukit bukit dengan sepeda jenis ini. Tapi apabila anda ingin bersepeda untuk adu balap, maka yang perlu anda beli tentu saja sepeda balap (road bike). Sepeda ini cocok bagi anda yang ingi beradu kecepatan. Dan jika kebutuhan anda hanya sekedar untuk pergi ke kampus atau berangkat kerja, maka anda bisa memilih sepeda jenis hybrid yang cukup standar untuk kegiatan sehari-hari. Ceritanya akan berbeda lagi jika anda ingin bersepeda dengan free sytle. Anda bisa memilih sepeda seperti sepeda BMX atau sepeda jenis Wymcycle.

Baca juga: Tips Memilih Sepeda Fixie

  • Utamakanlah ukuran sepeda

Selanjutnya yang perlu diperhatikan sebelum membeli sepeda baru adalah ukuran. Ukuran adalah yang utama karena ini sangat berpengaruh pada keseimbangan anda saat berkendara. Ukuran sepeda pas tentu adalah ukuran yang sesuai dengan bobot dan tinggi badan anda. Anda tentu saja tak pantas memilih sepeda jenis BMX ukuran junior jika anda memilki tubuh yang jangkung dan besar.

  • Lakukan pengetesan

Terakhir adalah melakukan pengecekan ketika membeli. Ketika anda pergi ke dealer toko sepeda, anda harus awas ketika memilih barang tersebut. Paling tidak, anda juga mengeceknya. Seperti ketika anda membeli mobil atau motor, anda juga perlu melakukan test drive. Karena ini penting. Anda tentu tak ingin jika barang yang anda beli itu cacat.

Berikut tadi paparan tentang beberapa tips ketika memilih sepeda baru. Anda harus memperhatikan tips tips tadi. Apalagi bagi anda yang awam, atau bahkan ingin memulai membiasakan diri dengan sepeda. Tips-tips tersebut bisa berguna untuk anda sekalian. Yang terpenting adalah mematuhi beberapa tips tadi. Jangan sampai alasan anda membeli sepeda hanya untuk ikut ikutan atau semacamnya. Karena yang perlu diingat, harga sepeda baru juga tak murah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *