Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Sepeda Sport

Sepeda merupakan salah satu jenis alat transportasi yang mengandalkan tenaga manusia. Selain berfungsi sebagai penunjang mobilitas seseorang dari satu tempat ke tempat lain dalam jarak yang relatif dekat, sepeda juga dapat dijadikan sebagai alat untuk berolahraga. Bersepeda memang berdampak pada kesehatan fisik. Selain dapat merangsang keluarnya keringat, ketika bersepeda seseorang cenderung melibatkan semua anggota tubuhnya, yaitu kaki untuk mengayuh, tangan untuk memegang kemudi, badan untuk menjaga keseimbangan, dan insting untuk menghindari benturan. Dalam peruntukannya sebagai alat untuk berolahraga, banyak sekali jenis olahraga yang mengandalkan sepeda, mulai dari balap sepeda (kecepatan), rally sepeda (kecepatan dan ketahanan fisik), freestyle (keindahan), motocross (keindahan dan ketahanan), dan berbagai jenis olahraga sepeda lainnya. Oleh sebab itu, ketika memilih sepeda sport, terdapat beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan agar tidak salah memilih sepeda dan agar dapat menunjang kegiatan berolah raga Anda dengan sepeda.

Menyesuaikan dengan Jenis Olahraga

Sebagaimana disinggung di atas, banyak sekali jenis olahraga yang mengandalkan sepeda. Masing-masing jenis olahraga bersepeda tersebut memiliki jenis dan model sepeda yang berbeda-beda, bahkan ukurannya juga berbeda. Misalnya, sepeda untuk freestyle, biasanya memiliki ukuran yang relatif kecil, yaitu dengan ban berukuran 20 inchi dan rangka yang juga kecil sehingga mudah diangkat ketika melakukan gerakan bebas di udara. Atau misalnya sepeda untuk rally, biasanya menggunakan sepeda fixie yang difasilitasi dengan gear model maju-mundur danpa rem. Pilihlah sepeda sport sesuai dengan jenis olahraga sepeda yang akan digeluti. Jika olahraga yang aka  digeluti dengan sepeda adalah sepeda santai atau sekadar ingin mengisi waktu luang di akhir pekan, maka sepeda gunung merupakan pilihan yang tepat dari segi ukuran dan fiturnya.

Menyesuaikan dengan Medan

Selain jenis olahraganya, memilih sepeda untuk olahraga juga harus mempertimbangkan medan yang akan ditempuh. Misalnya, medan yang cenderung berbatu atau curam, pilihlah sepeda yang difasilitasi dengan dua shock breaker, yaitu di bagian depan dan di bagian belakang agar lebih bisa mengurangi getaran sehingga Anda tetap dapat berkendara dengan nyaman. Sementara untuk medan yang cenderung rata dan datar, memilih sepeda yang difasilitasi dengan dua gear akan lebih memudahkan Anda dalam berkendara.

Mempertimbangkan Fitur Penunjang

Setiap sepeda didesain dengan rangka atau frame yang berbeda-beda. Pada bagian rangka inilah semua bagian lain dari sepeda akan bertumpu, mulai dari ban, rantai, sadel, setir, dan fitur lainnya pada sepeda. Tidak hanya frame dan ukuran sepeda yang membedakan antara satu jenis sepeda dengan jenis sepeda lainnya, melainkan juga fitur penunjangnya. Fitur penunjang seperti shock breaker, gear, rem, dll. didesain berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan masing-masing sepeda tersebut. Pilihlah sepeda sport dengan fitur yang paling lengkap dan berfungsi secara maksimal, agar ketika berolahraga dengan sepeda, keamanan dan kenyamanan Anda akan terfasilitasi dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *