Mengenal Jenis dan Keunggulan Frame Sepeda Sesuai Medannya

Salah satu bagian yang paling penting dari sepeda adalah bagian frame atau rangka. Ukuran frame akan mempengaruhi ukuran sebuah sepeda, begitu pula bahan sebuah frame akan mempengaruhi umur, keawetan, dan daya tahan sebuah sepeda. Oleh sebab itu, ketika memilih sepeda, hal pertama yang harus dijadikan bahan pertimbangan adalah bagian framenya. Jika dahulu frame sepeda cenderung diproduksi dari bahan yang seragam, yaitu dari besi. Namun seiring dengan perkembangan teknologi pengolahan bahan, rangka sepeda pun diproduksi dari bahan yang beragam. Masing-masing bahan rangka sepeda tersebut memiliki keunggulan masing-masing, yang disesuaikan dengan medan di mana sepeda tersebut akan digunakan, dan juga disesuaikan dengan jenis masing-masing sepeda. Berikut ini akan dibahas mengenai berbagai jenis rangka sepeda dan keunggulannya masing-masing.

Frame Aluminium Alloy

Dapat dikatakan, aluminium alloy merupakan jenis frame yang paling banyak dimanfaatkan untuk pembuatan rangka sepeda. Harga aluminium yang jauh lebih murah dibandingkan dengan besi membuat ongkos produksi sepeda yang memanfaatkan aluminium sebagai bahan rangkanya akan lebih murah. Selain lebih murah, bobot aluminium juga jauh lebih ringan dibandingkan dengan rangka besi, sehingga bagi pengguna sepeda, rangka aluminium lebih diminati karena sepeda akan lebih mudah diangkat dan dikendalikan. Bobot yang ringan dan harganya yang sangat terjangkau merupakan keunggulan dari frame sepeda jenis ini. Aluminium alloy banyak dimanfaatkan untuk bahan sepeda anak, sepeda untuk bekerja yang diperuntukkan di medan perkotaan, dan sepeda untuk menempuh di medan yang cenderung ringan, sebab sepeda dari bahan aluminium ini sangat rentan penyok jika terkena benturan.

Baca juga: Mengenal Berbagai Jenis Frame Sepeda Terbaru

Frame Titanium

Selain aluminium alloy, titanium juga merupakan bahan yang paling umum untuk rangka sepeda. Bahan yang mulai populer pada awal tahun 1990-an ini memiliki ketahanan yang hampir setara dengan besi, namun lebih ringan daripada besi. Tidak heran jika frame titanium merupakan pilihan utama dari produsen sepeda saat itu. Keunggulan frame jenis ini adalah bahannya yang mengkilat, sebab dibuat dari bahan logam yang langka. Tidak heran jika frame ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan frame besi dan frame aluminium alloy.

Frame Carbon Fiber

Carbon fiber merupakan jenis bahan terbaru yang dimanfaatkan sebagai frame sepeda. Bahan yang satu ini muncul karena perkembangan teknologi pengolahan bahan. Terbuat dari bahan serat karbon yang dicetak dengan cetakan khusus sehingga menjadi rangka sepeda, bahan frame yang satu ini merupakan bahan paling ringan dibandingkan dengan bahan lainnya. Meskipun ringan, bahan karbon dikenal memiliki kepadatan yang tinggi, sehingga dapat berfungsi mengurangi getaran ketika melintas di medan yang tidak datar. Selain sangat ringan, keunggulan lain dari frame carbon fiber adalah anti karat dan tidak mudah terkena korosi. Berbagai keunggulan yang ditawarkan frame ini membuat frame carbon fiber memiliki harga yang sangat mahal. Namun sayangnya, bahan karbon memiliki kelemahan diantaranya mudah retak jika terkena benturan sangat keras.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *