Pertimbangan yang Harus Dipikirkan Ketika Membeli Sepeda Terbaru

Sepeda merupakan jenis kendaraan yang digerakkan dengan mengandalkan tenaga manusia, yaitu dengan cara dikayuh. Di tengah semakin banyaknya kendaraan bermotor yang diproduksi dan dirilis ke pasaran dengan harga yang relatif murah dan terjangkau, keberadaan sepeda tetap dianggap penting sebagai kendaraan alternatif untuk mengimbangi penggunaan kendaraan bermotor yang sudah terlalu padat dan membuat polusi udara. Sepeda merupakan kendaraan yang sangat efektif untuk menunjang mobilitas seseorang terutama untuk menempuh jarak di bawah lima kilometer. Tidak heran jika permintaan sepeda masih cukup besar di tengah persaingan produsen kendaraan bermotor, sebab kendaraan jenis ini lebih hemat beaya karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk mengisi bahan bakar. Namun ketika akan memilih sepeda, banyak hal yang harus dipertimbangkan agar pengendara atau pemilik sepeda tersebut bisa nyaman dan aman dalam berkendara. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan ketika akan membeli sepeda terbaru.

  1. Medan yang Ditempuh

Pertimbangan paling penting ketika akan membeli sepeda terbaru adalah medan yang akan lebih banyak ditempuh dengan sepeda tersebut. Produsen sepeda umumnya memproduksi sepeda disesuaikan dengan medannya, terutama fasilitas yang menunjang penggunaan sepeda tersebut. Misalnya untuk sepeda yang digunakan di medan pegunungan atau medan yang tidak rata, akan difasilitasi dengan shocker brake yang berfungsi untuk mengurangi guncangan sehingga pengendara tetap bisa duduk di sadel dengan nyaman meski sedang melintas di medan yang berbatu. Oleh sebab itu, pilihlah sepeda yang sesuai dengan medan yang akan lebih banyak ditempuh. Jika sepeda yang akan dibeli tersebut lebih banyak digunakan di medan/ jalan yang rata  atau perkotaan, pilihlah sepeda yang difasilitasi dengan gear, sehingga Anda dapat mengayuh dengan ringan dengan cara mengatur gigi sepeda tersebut.

  1. Bahan

Seiring dengan perkembangan teknologi, bahan yang dijadikan rangka sepeda mulai beragam. Jika dulu sepeda hanya diproduksi dengan bahan atau material besi, saat ini banyak sekali jenis olahan lain yang tidak kalah kuat dengan bahan besi, misalnya aluminium. Di antara beberapa bahan olahan yang dijadikan sebagai rangka sepeda adalah carbon fiber yang terbuat dari bahan serat karbon dengan mengandalkan cetakan untuk menjadi sebuah rangka sepeda. Frame titanium, yang merupakan jenis frame paling umum pada sepeda yang sangat populer. Dan bahan-bahan lainnya. Pilihlah sepeda dengan rangka yang terbuat dari bahan yang kuat namun memiliki bobot yang ringan. Jika akan digunakan di daerah perkotaan, frame dari bahan alluminium alloy merupakan bahan yang paling tepat untuk menunjang mobilitas Anda.

  1. Fasilitas atau Fitur

Setiap sepeda dibekali dengan fasilitas dan fitur tertentu yang disesuaikan dengan kegunaan masing-masing sepeda. Pilihlah sepeda terbaru yang dibekali dengan fitur yang akan menunjang Anda dalam berkendara di medan yang akan lebih banyak dilalui, agar Anda bisa nyaman dan aman dalam berkendara dengan sepeda yang Anda miliki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *