Tips Memilih Sepeda Terbaik untuk Anak

Anak-anak tentunya mengalami fase dimana harus bermain, salah satunya adalah bermain sepeda. Oleh karena itu, orangtua biasanya akan membelikan sepeda terbaik untuk anaknya. Memilih sepeda untuk anak memang susah-susah gampang, karena harus sesuai dengan ukuran tubuh serta kemampuan anak.  

Sepeda terbaik untuk anak sebenarnya bukanlah sepeda yang berharga mahal, akan tetapi sepeda yang mengakomodir kebutuhan anak saat bersepeda. Untuk memilih sepeda anak, perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

Ukuran yang Tepat

Sebelum membeli sepeda untuk anak, jangan lupa untuk memastikan ukuran sepeda tersebut sesuai dengan tubuh anak sehingga anak pun bisa mengayuh pedal sepeda dengan nyaman ketika menggunakannya. Selain itu pastikan lutut anak tidak membentur stang sepeda ketika mengayuhnya.

Stang yang Tepat

Ketika memilih sepeda anak, jangan lupa untuk memperhatikan stang sepeda tersebut. Perhatikan apakah anak bisa menjangkau stang tersebut dengan mudah ataukah tidak.

Memilih Bahan Velg

Velg sepeda yang bagus dibuat dari logam campuran atau biasanya dibuat dari bahan alumunium. Bahan ini bisa dicengkeram rem ketika ada di jalan basah sehingga lebih aman.

Rem Sepeda

Keamanan anak ketika mengendarai sepeda salah satunya tergantung dari rem sepeda tersebut. Sebelum membeli sepeda ada baiknya untuk menguji rem tersebut terlebih dahulu. Apabila rem bekerja dengan baik maka kondisinya terbilang baik, akan tetapi jika rem berbunyi ketika digunakan itu tanda bahwa kondisi rem tidak terlalu bagus.

Baca juga: Ketahui Harga Sepeda Bekas dan Panduan Membelinya Disini

Rangka Sepeda

Rangka sepeda adalah salah satu komponen paling penting pada sepeda. Pilih sepeda dengan rangka yang kuat serta lurus dari bagian depan hingga bagian belakang. Untuk menentukan titik lurus, bisa dilihat dari arah ban depan hingga belakang. Apabila lurus, maka kondisinya berarti dalam keadaan baik dan layak untuk dibeli.

Ada beragam jenis sepeda yang cocok untuk anak, dan berikut ini adalah beberapa jenis sepeda sesuai dengan umur anak:

Sepeda Roda Tiga (1-3 Tahun)  

Sepeda ini cocok untuk balita berusia 1-3 tahun. Sepeda ini memiliki tiga roda, satu roda di bagian depan, dan dua roda di bagian belakang.

Sepeda Ukuran 12 inchi (2-4 tahun)

Apabila usia anak adalah 2-4 tahun, maka bisa membeli sepeda dengan ukuran 12 inchi. Sepeda ini memiliki empat roda, yang mana dua roda diantaranya merupakan roda bantu di bagian samping kanan dan samping kiri yang bisa dibongkar pasang.

Sepeda Ukuran 16 inchi (4-7 tahun)

Untuk anak berusia 4-7 tahun, bisa membeli sepeda dengan ukuran 16 inchi. Sepeda ini memiliki posisi yang pas sehingga lutut tidak akan terbentur setang ketika digunakan.

Sepeda Ukuran 18 inchi (7-10 tahun)

Sepeda ukuran 18 inchi ini cocok untuk anak dengan usia 7-10 tahun sehingga gerakan anak lebih leluasa.

Sepeda Ukuran 20 inchi (8-13 tahun)

Jika anak sudah berusia 8-13 tahun yang mana tentunya ukuran tubuhnya sudah cukup besar, maka sepeda yang cocok yaitu berukuran 20 inchi.

Itulah beberapa tips untuk memilih sepeda terbaik untuk anak serta beberapa jenis sepeda yang cocok digunakan anak. Pilih sepeda yang tepat agar nyaman dan aman ketika digunakan oleh anak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *