Tips Memilih Sepeda Terbaik untuk Anak Perempan Anda

Sepeda merupakan kendaraan yang dapat menunjang mobilitas seseorang untuk menempuh jarak yang relatif pendek, yaitu di bawah 5 kilometer. Saat ini, sepeda dijadikan sebagai kendaraan alternatif dari kendaraan bermotor. Tidak jarang pula, sepeda dijadikan sebagai pilihan utama para orang tua yang ingin memfasilitasi anaknya dengan kendaraan. Karena anak-anak atau remaja belum bisa memiliki surat izin mengemudi (SIM), maka cara paling aman untuk memfasilitasi anak dengan kendaraan adalah membelikan sepeda. Namun, orang tua selalu memiliki kekhawatiran tersendiri ketika akan memberikan sepeda untuk anaknya, mulai dari khawatir anaknya akan terjatuh, hingga kecelakaan di jalan. Oleh sebab itu, orang tua biasanya akan berpikir sangat matang sebelum memberikan sepeda yang tepat untuk anaknya. Salah satu kekhawatiran orang tua ketika akan memberikan sepeda kepada anaknya adalah takut anaknya anakn celaka, terutama jika anaknya tersebut adalah perempuan, sebab banyak sekali robeknya selaput dara disebabkan oleh terjatuh dari sepeda. Berikut ini adalah tips memilih sepeda terbaik untuk anak perempuan agar aman dan nyaman.

Memperhatikan Bentuk Rangka

Salah satu penyebab terbesar yang membuat pengendara sepeda terjatuh dan celaka adalah karena rangka sepeda yang dipilih tidak sesuai dengan postur dan tinggi badan si pengendara. Dan untuk perempuan, penyebab terbesar dari kecelakaan sepeda yang membahayakan liang selangka perempuan adalah bentuk rangka sepeda yang terlalu tinggi. Oleh sebab itu, ketika akan memilihkan sepeda terbaik untuk anak perempuannya, para orang tua hendaknya memperhatikan bentuk rangka sepeda tersebut. Pilihlah sepeda yang rangka bagian tengahnya tidak terlalu tinggi. Rangka tengah adalah besi yang menghubungkan antara tiang setir dengan tiang sadel. Biasanya, rangka tengah difasilitasi dengan dua rangka, yaitu rangka atas dan rangka bawah, namun tidak jarang pula sepeda yang hanya difasilitasi dengan satu rangka saja.

Demi keamanan, pilihlah sepeda dengan rangka tengah yang berbentuk miring, bukan yang berbentuk lurus. Selain bentuk, ketinggian rangka juga perlu diperhatikan. Pilihlah sepeda yang bagian rangka tengahnya tidak lebih tinggi dari paha penggunanya, sebab biasanya ketika mengerem mendadak atau ketika akan terjatuh, pengendara sepeda akan cenderung mengarahkan badannya ke depan. Jika rangkanya terlalu tinggi, maka bagian selangkangan akan langsung terantuk dengan rangka besi tersebut, hal ini tentu akan membahayakan bagian liang selangka wanita.

Ukuran Sepeda yang Harus Disesuaikan

Selain rangka, ukuran sepeda yang dipilih juga harus sesuai dengan postur atau tinggi badan anak yang akan menggunakan sepeda tersebut. Pilihlah sepeda yang ukurannya sesuai dengan postur anak, sehingga anak perempuan Anda akan lebih mudah mengendalikan sepeda ketika sedang berkendara. Sebagai tambahan, ketika memilih sepeda terbaik, perhatikan sepeda tersebut secara detail, pastikan sepeda tersebut aman, yaitu difasilitasi dengan penutup rantai dan gear, rem yang pakem, dan sadel yang nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *