Memilih Sepeda Anak yang Aman dan Awet

Ketika anak mulai meminta dibelikan sepeda, pasti orang tua akan memikirkan untuk mencarikan sepeda terbaik, yang aman sekaligus bisa dipakai dalam waktu yang lama. Ketika dalam masa kanak-kanak atau belum memasuki usia remaja, anak akan terus tumbuh, terutama dari segi postur badan. Jika memilihkan sepeda yang tidak tepat, maka sepeda tersebut tidak akan berumur panjang karena ukurannya sudah terlalu kecil bagi si anak. Selain jenis dan ukuran sepeda, hal lain yang harus dipertimbangkan adalah keamanan si anak. Setiap sepeda diproduksi dengan ukuran tertentu yang diperuntukkan bagi anak atau orang usia tertentu. Mempertimbangkan berbagai hal di atas, maka merupakan sebuah keniscayaan bagi orang tua untuk memilihkan sepeda yang benar-benar tepat untuk anaknya. Terdapat beberapa pertimbangan dalam memilih sepeda untuk anak. Berikut ini akan dibahas mengenai tips memilih sepeda anak yang aman dan awet.

  1. Ban Ukuran 20

Salah satu perbedaan mendasar yang membedakan sepeda untuk anak-anak dengan sepeda adalah ukuran frame dan bannya. Namun, ukuran ban lebih bisa dijadikan acuan dalam memilih sepeda anak yang tepat agar berumur panjang dan bisa digunakan minimal dalam jangka waktu 10 tahun, yaitu dari anak berusia 5-6 tahun hingga 15-16 tahun. Ukuran ban akan mempengaruhi ukuran frame atau rangka, bukan sebaliknya. Oleh sebab itu, pilihlah ban yang ukurannya netral, yaitu cocok digunakan oleh anak-anak maupun remaja. Adapun ukuran ban yang cocok untuk anak berusia 5 atau 6 tahun hingga remaja berusia 15 atau 16 tahun adalah ban yang berukuran 20. Untuk sekadar informasi, ban berukuran 20 merupakan ban standar sepeda BMX yang biasa dipakai untuk freestyle. Coba Anda pikirkan, bukankah sepeda BMX hanya dicetak satu ukuran namun bisa digunakan oleh anak-anak hingga orang dewasa?

Baca juga: Ketahui Harga Sepeda Bekas dan Panduan Membelinya Disini

Oleh sebab itu, pilihlah sepeda dengan ukuran ban 20. Namun perlu dijadikan catatan bahwa sebaiknya sepeda dengan ukuran ban 20 ini diberikan kepada anak berusia di atas 6 tahun, atau anak yang memiliki tinggi badan di atas 120 cm agar lebih aman.

  1. Sadel yang Bisa Ditinggikan

Hampir semua sepeda terbaru diproduksi dengan desain bagian rangka sadelnya dapat ditinggikan dan disesuaikan dengan tinggi badan penggunanya. Namun tidak jarang pula ada sepeda yang sadelnya paten. Pilihlah sepeda yang sadelnya bisa ditinggikan dan direndahkan, agar bisa menyesuaikan dengan ukuran kaki si anak, sehingga kaki si anak tetap menyentuh tanah ketika dalam posisi duduk di sadel sepeda. Dengan memilih sepeda yang sadelnya dapat diubah ketinggiannya, maka orang tua bisa melindungi anaknya agar aman dalam berkendara, sebab ukuran sadelnya dapat disesuaikan.

Jangan memilih sepeda anak yang rangka atau frame tengahnya segaris dengan tinggi sadel, karena akan sangat membahayakan selangkangan si anak ketika terjatuh atau mengerem mendadak. Pilihlah sepeda dengan rangka rendah atau rangka miring agar anak Anda aman ketika berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *