Ragam Jenis Gear Sepeda

Saat ini bersepeda bukan hanya menjadi hobi, namun juga sebuah gaya hidup. Ada beragam jenis sepeda, dari yang harganya murah hingga yang harganya mahal. Harga yang mahal ini tentunya berkaitan dengan komponen-komponen sepeda, baik itu roda, frame, rem, juga gear sepeda atau gigi sepeda yang bisa dipindahkan sesuai dengan kebutuhan.  

Hampir semua jenis sepeda, seperti road bike, BMX, mountain bike mempunyai level gigi atau gear sepeda yang beragam, namun ada juga sepeda yang tidak memiliki gear, yaitu jenis fixie. Untuk yang belum terlalu paham tentang gear atau gigi sepeda ini dan apa fungsinya, berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Gigi sepeda mempunyai beragam level, dari level 21, level 24, serta level 27. Semakin besar levelnya atau speednya, ini berarti kecepatan yang akan didapatkan pun semakin tinggi. Hal lain yang membedakan adalah jumlah gigi untuk bagian depan yaitu, 7, 8 atau 9 gigi. Dan berikut

Gear 21 Speed

Sepeda gunung atau mountain bike yang memiliki level 21 speed biasanya lebih cocok digunakan untuk pemula. Dengan gigi depan sebanyak 7 buah, serta gear dengan 21 speed ini sangat nyaman digunakan ketika ingin bersepeda santai dengan medan yang tidak terlalu ekstrim.

Gear 24 Speed

Apabila bersepeda menjadi kegiatan yang menyenangkan, bisa pula melaju dengan gear 24 speed. Sepeda ini mempunyai gear 24 speed dengan gigi depan sebanyak 8 buah, 3 rantai tambahan, sehingga kecepatannya bisa lebih dari 21 speed. Apabila bersepeda dengan gear yang jumlahnya lebih banyak maka kayuhan sepeda akan terasa lebih ringan. Selain itu, tanjakan yang curam serta medan yang lebih ekstrim bisa dilewati dengan mudah apabila menggunakan speed yang lebih tinggi. Meski begitu gear yang lebih tinggi ini juga memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan yang memiliki speed lebih rendah.

Gear 27 Speed

Level gear berikutnya adalah 27 speed. Level ini mempunyai 9 gigi pada bagian depan, dan apabila menggunakan gear ini akan memberikan pengalaman bersepeda yang lebih maksimal. Rantainya memiliki material yang lebih tipis sehingga memungkinkan sepeda digunakan untuk menuruni jalan dengan kecepatan tinggi atau cocok juga digunakan untuk menuruni tebing. Akan tetapi, jika digunakan untuk berkendara di jalanan yang datar, maka gigi harus sering dipindahkan untuk disesuaikan dengan medan serta kecepatan yang ditempuh.

Gear sepeda memang menjadi komponen penting yang ada pada sepeda, berbagai jenis gear ini tentunya bisa menjadi pilihan yang bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan pengguna sepeda, apakah lebih banyak mengendarai sepeda di jalan menanjak, ataukah mengendarai sepeda di jalanan datar seperti halnya di car free day. Dengan menggunakan gear yang tepat, maka aktivitas bersepeda akan semakin nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *