Tips Membeli Sepeda Bekas Model Mount Bike

Salah satu jenis sepeda yang akhir-akhir ini banyak digemari adalah jenis mount bike atau sepeda gunung. Akan tetapi harga sepeda gunung kebanyakan memiliki harga yang cukup mahal, oleh karena itu apabila ingin memiliki sepeda gunung bisa dengan membeli sepeda bekas atau second.

Membeli sepeda bekas tentunya berbeda jika dibandingkan ketika membeli sepeda gunung baru. Oleh karena itu ketika membeli perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

Roda

Roda merupakan salah satu bagian vital pada sepeda, ketika membeli sepeda second, hendaknya memeriksa bagian kembang roda, apakah masih bagus ataukah sudah gundul sehingga harus diganti. Kembang roda yang sudah tidak merata tentunya berkaitan dengan perilaku pengguna sepeda sebelumnya. Apabila roda sepeda perlu diganti, maka jangan lupa untuk memperhatikan harga, apakah terlampau jauh dengan harga sepeda tersebut ataukah tidak. Tak ada salahnya juga untuk meminta ganti ban sebagai bonus.

Velg

Sepeda gunung biasanya dipakai pada jalan atau medan yang ekstrim, oleh karena itu velg harus diteliti sebelum membeli sepeda second karena velg sepeda gunung waran bengkok karena sering digunakan di jalan yang terjal. Lihat dan raba velg bagian depan serta belakang dan raba dengan cara memutar. Apabila velg terasa bergelombang, itu tandanya velg pernah bengkok serta serta pernah diperbaiki. Apabila ingin mengganti velg, tanyakan dulu apakah harga velg dengan kualitas tersebut memiliki harga yang mahal ataukah tidak sehingga bisa dilihat untung ruginya.

Baca juga: Beberapa Pertimbangan Sebelum Membeli Sepeda MTB

Rantai dan Gear

Dua komponen ini adalah bagian yang juga penting untuk diteliti sebelum membeli sepeda gunung bekas. Putar bagian pedal dan gear apakah terasa kasar ataukah tidak, apabila bunyinya kasar, maka itu menjadi tanda bahwa gear dalam keadaan tidak bagus sehingga harus diganti.

Rem

Rem adalah komponen vital yang bermanfaat untuk keamanan pengendara ketika melajukan sepeda. Jangan lupa untuk mengecek ketebalan karet rem , apabila menggunakan rem cakram, maka lihat bagian lubang cakram, apakah masih dalam keadaan rata ataukah sudah meninggalkan bekas yang tak rata. Apabila cakram sudah dalam keadaan tidak rata, maka sebaiknya jangan membeli sepeda gunung bekas tersebut karena harga rem ini terbilang cukup mahal.  

Komstir

Komstir memiliki fungsi untuk menghubungkan bagian rangka sepeda dan stang. Apabila komstir ini sudah goyang, itu tanda jika kestabilan sepeda sudah tidak bagus sehingga bisa membahayakan pengendara dan untuk memperbaikinya juga tidak mudah.  

Suspensi Sepeda

Apabila sepeda gunung sudah menggunakan suspensi, maka harus diperiksa juga suspensinya, baik di bagian depan maupun belakang, jangan lupa untuk memperhatikan gasnya, apakah fungsinya masih baik ataukah tidak. Untuk memeriksanya, caranya adalah dengan mengangkat bagian belakang atau bagian depan, kemudian tekan. Apabila sesudah ditekan bisa naik maksimal, maka itu tanda bahwa sistem suspensi masih baik. Suspensi ini perlu diteliti karena berkaitan dengan kenyamanan ketika berkendara.

Itulah beberapa komponen yang harus diperhatikan serta diteliti ketika akan membeli sepeda gunung bekas agar bisa mendapatkan sepeda bekas yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *