Tips Memilih Helm Sepeda untuk Anak

Membelikan anak sepeda tentunya menjadi salah satu wujud kasih sayang orang tua pada anak, akan tetapi membelikan sepeda saja tidaklah cukup. Jika orangtua memang benar-benar sayang, tentunya harus memperhatikan keamanan anak saat bersepeda, salah satunya adalah dengan membelikan helm sepeda untuk anak.

Untuk memilih helm sepeda untuk anak tentunya harus teliti, karena ini menyangkut keselamatan anak ketika berkendara menggunakan sepeda. Dan berikut ini adalah tips yang bisa diaplikasikan saat mencari helm untuk anak:

Berkualitas

Beli helm yang berkualitas dan memiliki standar tinggi serta mempunyai sertifikat tanda lulus untuk uji keamanan, selain itu pilih juga helm yang bisa meredam tumbukan atau impact absorption.

Ukuran Helm yang Sesuai

Helm untuk orang dewasa tentunya berbeda dengan helm untuk anak-anak. Oleh karena itu, ketika ingin membeli helm untuk anak sesuaikan ukurannya dengan ukuran kepala anak, tidak terlalu besar serta tidak terlalu sempit. Saat ini ada helm yang ukurannya bisa diatur, dan ini bisa menjadi pilihan. Untuk mengatur ukuran helm bisa dengan cara memutar kenop atau tombol yang ada pada bagian belakang kepala. Tombol tersebut bisa diputar untuk mengatur ukuran helm sesuai dengan ukuran kepala anak. Jangan lupa untuk memastikan ukuran helm agar tetap nyaman ketika digunakan dan tidak goyah.

Baca juga: Daftar Harga Sepeda BMX Terbaru, Desember 2016

Tali Helm

Tali helm yang baik memiliki bentuk Y dan memiliki klip yang dipasangkan pada bagian bawah dagu. Ketika mengenakan helm, sesuaikan ukuran tali helm dengan wajah anak, pastikan tali helm tidak longgar atau kendur sehingga nyaman ketika digunakan.

Posisi Helm

Saat membeli helm, sebaiknya ajak juga si kecil, sehingga helm bisa dicoba apakah sudah nyaman ketika dikenakan ataukah belum. Ketika mencoba helm pada anak, posisikan helm berada di atas alis mata anak dengan jarak 2 jari. Pastikan helm bagian depan tidak menghalangi pandangan anak. Perhatikan pula lingkaran helm apakah bisa masuk ke melindungi kepala anak secara sempurna ataukah tidak.

Lubang Ventilasi

Cari helm yang mempunyai banyak lubang ventilasi. Apalagi jika helm digunakan di negara dengan iklim tropis seperti halnya Indonesia yang tentunya memiliki cuaca yang panas. Oleh karena itu keberadaan ventilasi di helm ini adalah untuk memberikan nafas atau udara pada kulit kepala. Dengan adanya ventilasi, keringat yang ada pada kulit kepala juga bisa menguap sehingga tidak menimbulkan heat stroke. Apabila helm tidak memiliki ventilasi, ini akan menimbulkan penumpukan keringan yang bisa jadi akan membuat kulit kepala anak gatal dan ini bisa menimbulkan kerewelan pada anak.

Warna Helm

Apabila ingin membeli helm untuk anak sebaiknya pilih helm yang berwarna-warni atau memiliki gambar-gambar kartun sehingga akan menarik perhatian anak sehingga anak mau mengenakan helm tersebut.  

Itulah beberapa ha yang perlu diperhatikan saat membeli helm sepeda untuk anak. Jangan sepelekan penggunaan helm pada anak, karena memperhatikan keamananan anak saat berkendara sepeda juga menjadi salah satu bentuk kasih sayang dari orangtua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *