Sejarah Sepeda Fixie

Salah satu jenis sepeda yang saat ini menjadi primadona adalah sepeda Fixie. Meski begitu, tak banyak yang mengetahui tentang sejarah sepeda jenis fixie ini.

Sepeda fixie sendiri berasal dari New York, Amerika Serikat. Awalnya fixie dipakai oleh para pengantar majalah, koran, atau surat-surat pos. Moda transposrtasi fixie ini digunakan dikarenakan para pengantar surat dan majalah seringkali terlambat ketika mengantarkan paket atau majalah karena lalu lintas yang macet dan padat. Oleh karena itu fixie pun dijadikan alat transportasi dan kemacetan pun tak lagi menjadi masalah, sehingga para pelanggan pun menjadi puas karena pengiriman menjadi lebih cepat.  

Nama fixie sendiri berasal dari fixed gear yang memiliki arti ‘roda belakang yang disetel mati’. Oleh karena itu, apabila ingin melakukan pengereman, harus melakukan putaran pedal ke arah belakang sehingga tidak menggunakan rem tangan.

Sepeda fixed gear ini memang sedang menjadi tren di kalangan penggemar sepeda di tanah air. Tak hanya itu saja, bersepeda menggunakan fixed gear juga telah menjadi tren gaya hidup di masyarakat yang hobi bersepeda.

Untuk sebagian masyarakat,fixie yang memiliki tampilan sederhana namun elegan ini memang memiliki harga yang terbilang cukup mahal, selain itu pada setiap bagiannya pun tidaklah murah karena banyak komponennya yang harus diimpor dari luar negeri.

Fixie memiliki kecepatan yang fixed sehingga rotasi peda bisa terus berputar dan untuk mengerem harus melakukan putaran pedal yang berlawanan arah atau dengan sistem ‘Trape Door’.

Baca juga: Tips Mengendarai Sepeda Fixie

Fixie memang berkaitan erat dengan fixed wheel dimana berkaitan erat dengan gear bicycle, single speed bicycle, atau fixed wheel bicycle. Hal ini karena sepeda ini memang tidak mengggunakan free wheel.

Gear belakang tanpa adanya free wheel memang langsung menyatu pada fixed hub, saat roda belakang berputar, maka pedal sepeda akan melakukan putaran searah dengan roda bagian belakang. Hal ini berguna agar pengendara fixie bisa menghentikan sepeda yang sedang melaju tanpa adanya rem.

Untuk menghentikan laju fixie memang berbeda dengan sepeda lainnnya, karena pengendara harus menarik arah pedal ke belakang, maka roda akan otomatis melambat dan akhirnya berhenti.

Tak hanya digunakan untuk bersepeda santai, namun fixie juga digunakan untuk lomba track cycling yang biasanya dilakukan di lintasan balap yang bentuknya oval tanpa ujung atau disebut juga dengan Velodrome.

Meski fixie sudah banyak digunakan di dunia, namun ternyata di beberapa negara, legalitas fixie menjadi polemik tersendiri. Meski begitu, pengguna fixie tidak berkurang malah justru semakin bertambah karena fixie bisa menjadi alat transportasi yang cepat, sederhana, dan tentunya sehat dan tidak menimbulkan polusi.

Sejarah penggunaan sepeda fixie memang cukup unik, berawal dari sepeda untuk para pengantara surat, kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban yang kekinian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *