Beberapa Pertimbangan Sebelum Membeli Sepeda MTB

Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Selain menyehatkan, bersepeda ke tempat-tempat yang masih alami akan membantu mengurangi stress dan membuat pikiran lebih fresh. Maka tidak heran jika bersepeda dijadikan sebagai hobi, terutama oleh sebagian kaum urban dengan kehidupan mereka yang modern dan cenderung tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga. Salah satu jenis sepeda yang cocok digunakan untuk berkeliling di daerah sejuk dengan lintasan yang cenderung beragam adalah mountain bike atau MTB. Jenis sepeda ini cocok digunakan oleh semua kalangan, sebab desainnya yang menunjang untuk digunakan di berbagai lintasan dan fasilitasnya yang cukup lengkap. Namun, bukan berarti menentukan MTB yang paling cocok dikendarai akan sangat mudah. Setiap MTB didesain dengan keunggulan dan spesifikasinya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum membeli sepeda MTB.

Mempertimbangkan Lintasan

Mountain bike memang cocok digunakan di semua lintasan. Namun, membeli sepeda jenis ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Lintasan yang paling dominan dilewati harus tetap dipertimbangkan, hal ini sangat berkaitan dengan onderdil dan keawetan sepeda. Jika ingin digunakan di lintasan yang cenderung tidak rata, misalnya, maka carilah sepeda MTB yang difasilitasi dengan shock yang unggul dan mampu meredam guncangan. Begitu pula jika sepeda tersebut akan lebih banyak melintas di jalanan yang cenderung menanjak, maka bagian gear harus menjadi pertimbangan utama dengan memilih sepeda dengan double gear yang sama-sama kokoh.

Mempertimbangkan Ukuran Sepeda

Ukuran sepeda harus disesuaikan dengan pengemudinya. Carilah sepeda yang paling sesuai dengan postur tubuh Anda, terutama tingginya. Pastikan kaki Anda dapat memijak tanah dengan baik ketika Anda sedang dalam posisi duduk di sadel. Jarak antara sadel dengan rangka steerer juga harus diperhatikan. Jangan memilih sepeda yang jarak antara sadel dengan kerangka kemudinya terlalu jauh, sebab akan membuat Anda terlalu membungkuk ketika mengemudi. Jika tidak ada sepeda yang ukurannya cocok dengan postur tubuh Anda, Anda bisa merakit sendiri sepeda tersebut yang disesuaikan dengan postur tubuh Anda. Selain lebih murah, kenyamanan Anda dapat ditunjang dengan maksimal.

Memperhatikan Jenis Suspensi

Umumnya, sepeda MTB difasilitasi dengan suspensi yang berfungsi untuk melindungi pengemudinya dari guncangan dan getaran ketika sepeda sedang melaju di lintasan yang tidak rata seperti di jalanan rusak atau medan pegunungan. Dari segi suspensinya, terdapat dua jenis suspensi pada sepeda gunung, yaitu hardtrail dan full suspension. Hardtrail merupakan mountain bike yang hanya difasilitasi dengan satu suspensi di bagian depan. Sementara Full suspension merupakan sepeda yang difasilitasi dengan dua suspensi, masing-masing di depan dan di belakang. Jika akan menggunakan sepeda untuk kepentingan hobi dan sekadar jalan-jalan, bukan untuk mengadu adrenalin, sebaiknya memilih sepeda full suspension sebab akan lebih nyaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *