Tips Memilih Sepeda BMX yang Aman dan Nyaman

Bike Moto-cross atau BMX merupakan jenis sepeda yang biasanya digunakan untuk keperluan motocross di medan-medan off road yang seringkali mengandalkan lompatan-lmpatan tinggi dan atraksi freestyle di udara. Jenis sepeda yang satu ini biasanya lebih banyak digunakan oleh atlet profesional. Namun saat ini, seiring semakin banyaknya lintasan atau arena yang dibangun untuk menunjang kegiatan freestyle, baik skateboard atau sepeda, BMX semakin banyak penggemarnya, bahkan untuk kalangan freestyler pemula sekalipun. Mengendarai BMX saat ini berkembang menjadi gaya hidup di kalangan anak mudah, khususnya di perkotaan. Munculnya berbagai klub BMX merupakan salah satu bukti bahwa jenis sepeda yang satu ini sudah semakin dikenal. Sayangnya, perkembangan peminat BMX yang semakin pesat tidak dibarengi dengan pengetahuan yang baik akan jenis sepeda yang satu ini. Berikut ini akan diulas beberapa tips memilih sepeda BMX yang aman dan nyaman.

Mempertimbangkan Bahan

Banyak orang yang memilih sepeda BMX dengan mengabaikan faktor keamanan dan lebih mementingkan desain atau tampilan luarnya. Padahal, banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika akan memilih BMX, salah satunya adalah bahannya. Pilihlah BMX yang diproduksi dari bahan yang ringan namun kokoh. Sepeda yang terlalu berat tentu akan menyulitkan freestyler ketika akan mengangkat sepeda ini. Bahan yang tidak kokoh akan rentan patah ketika terjadi benturan atau lompatan keras dari ketinggian. Oleh sebab itu, mempertimbangkan bahan harus diutamakan. Bahan rangka BMX yang disarankan adalah alloy.

Model Frame atau Rangka

Umumnya, frame atau rangka BMX didesain dengan frame ganda atas bawah. Frame ganda akan lebih aman digunakan karena memakai sepeda dengan rangka tunggal untuk freestyle dan moto-cross sangat fatal. Apapun bentuk rangka yang dipilih, pastikan bahwa rangka sepeda tersebut kokoh dan tidak mudah patah. Perhatikan pula bagian penunjang frame sepeda, terutama bagian penyambung satu bagian dengan bagian lainnya yang biasanya dihubungkan dengan cara dilas. Perhatikan struktur sambungan lasnya secara detail. Pilihlah BMX yang sambungannya paling rapi dan kuat.

Baca juga: Tips Membeli Sepeda Baru

Tapak Ban

Ketika digunakan untuk keperluan moto-croos, bagian ban merupakan penopang utama, baik ketika dikayuh maupun ketika melakukan trik tertentu yang berkaitan dengan kecakapan, bahkan juga gerakan lompatan. Ban selalu dijadikan tumpuan. Oleh sebab itu, pilihlah ban sepeda yang tapaknya dapat melekat atau mencengkeram semua permukaan dan jenis lintasan, mulai arena berbahan aspal, fyber glass, beton, bahkan tanah lumpur.

Selain tapak ban, rem juga harus diperhatikan. Cengkeraman rem pada velg harus kuat, rem depan dan belakang harus sama-sama berfungsi dengan baik. Periksalah sambungan rantai, pastikan sambungannya kuat, sebab ketika akan melakukan lompatan, sepeda akan dikayuh sangat kencang dan rantai memiliki beban yang sangat dominan. Setiap bagian dari sepeda BMX yang akan dipilih harus diperhatikan secara detail untuk menunjang keamanan dan kenyamanan Anda sebagai pengemudinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *