Tips Merawat Sepeda Gunung

Sepeda adalah salah satu jenis alat transportasi yang banyak disukai, selain menyehatkan juga lebih ramah lingkungan. Ada banyak jenis sepeda yang ada di pasaran, salah satunya adalah sepeda gunung. Untuk mendapatkan tunggangan yang nyaman, tentunya haruslah selalu dirawat, begitu juga ketika memiliki sepeda mtb atau gunung. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips untuk merawat sepeda mountain bike atau gunung:

  1. Melepas Seluruh Aksesoris

Untuk langkah pertama dalam perawatan sepeda gunung adalah dengan melepas seluruh aksesoris yang ada di bagian stang, seperti lampu, bel, spidometer, dan lain sebaganya. Apabila menggunakan V brakes jangan lupa juga untuk melepasnya.

  1. Putar Balik Sepeda

Untuk menghindari lecet pada bagian sadel serta grips, maka sepeda harus diputar balik terlebih dulu. Dengan bagian bawah sepeda menghadap ke atas, dan bagian atas sepeda berada di bawah, untuk alasnya gunakan benda empuk seperti matras dengan tebal 5mm.

  1. Lepas Roda

Langkah selanjutnya adalah dengan melepas roda depan serta roda belakang. Caranya adalah dengan membuka pengencang pada as roda bagian depan.

  1. Bersihkan Sistem Penggerak

Kemudian bersihkan bagian sistem penggerak seperti pedal, gir, rantai, serta rear derailleur. Siapkan alat-alat untuk membersihkan bagian ini seperti sikat serta air sabun. Untuk awal, sikat RD menggunakan air sabun, kemudian bersihkan bagian rantai menggunakan kain lap yang lembut. Basahi lap menggunakan air sabun kemudian putar rantai. Cukup tempelkan lap basah pada rantai maka kotoran yang menempel pada rantai akan rontok. Selanjutnya adalah membersihkan bagian Crank yaitu pedal, lengan pedal, serta gir depan menggunakan sikat dan air sabun. Sikat bagian-bagian tersebut dengan teliti sampai bersih dari kotoran, kemudian lap menggunakan kain lap yang bersih. Untuk gir dalam dan pedal, bersihkan menggunakan sikat serta air sabun, kemudian keringkan menggunakan lap bersih.

Baca juga: Rekomendasi Sepeda Gunung Berbagai Merk

  1. Bersihkan Bagian Bawah Frame

Untuk membersihkan bagian ini, gunakan air sabun dan lap kain. Usap secara merata bagian bawah frame, frame, atas, frame belakang, serta stang depan. Jangan lupa juga untuk membersihkan  rem serta kabel untuk memindahkan gigi.

  1. Bersihkan Sistem Roda

Lap dan bersihkan roda depan serta belakang menggunakan air sabun. Apabila ada kotoran membandel, bisa juga menggunakan WD-40. Bersihkan roda secara keseluruhan, termasuk pada bagian hub, as roda, termasuk juga jari-jari roda.

  1. Mengecek Sistem Roda dan Rem

Apabila sudah selesai dibersihkan semuanya, bisa pasang kembali seluruh bagian sepeda, jangan lupa untuk mengecek sistem roda serta rem agar sepeda nyaman dan aman ketika dikendarai.

Itulah tips yang bisa dilakukan untuk merawa sepeda gunung, dan jangan lupa pula untuk memberikan pelumas pada bagian shifter, rantai, serta sistem penggerak roda. Sebaiknya gunakan pelumas berkualitas dan jangan gunakan oli bekas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *