Sepeda Polygon, Merk Lokal yang Mendunia

Siapa yang tak tahu tentang sepeda Polygon? Hampir semua orang di dunia ini tentunya tahu mengenai sepeda dengan merk papan atas ini yang juga banyak digunakan oleh mayoritas pengguna sepeda di Indonesia.

Sepeda Polygon ini memang memiliki pangsa pasar yang luas, tak hanya di Indonesia namun juga di luar negeri, sehingga bisa dikatakan merk Polygon ini telah berhasil menembus pasar dunia.

Banyak yang menyangka bahwa sepeda dengan merk Polygon ini adalah produksi luar negeri, padahal sepeda ini merupakan produk asli Indonesia yang dibua oleh PT Insera Sena sejak 1989 di daerah Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur.

Pada masa-masa awal produksi, sepeda merk Polygon ini lebih banyak diekspor ke luar negeri, tak kurang dari 17 negara di dunia menjadi tujuan ekspor sepeda ini. Pada tahun selanjutnya, Polygon kembali melebarkan sayapnya ke bagian Asia Tenggara dan belahan dunia lainnya. Sedangkan untuk Indonesia sendiri, Polygon dipasarkan di wilayah Sumatera dan Kalimantan Timur.

Namun, produsen Polygon tentunya tidak mudah ketika melakukan ekspansi ini. Pada masa itu, di pasaran sendiri harga sepeda rata-rata Rp 200 ribuan, sedangkan untuk Polygon membanderol harga sepeda paling murah saja Rp 500 ribuan.

Oleh karena itu, Polygon mengambil strategi yaitu tidak hanya berfokus pada produksi sepeda sebagai moda transportasi saja, akan tetapi juga sebagai gaya hidup. Polygon juga mulai membuka outlet sendiri yang menjual tak hanya sepeda namun juga aksesorisnya.

Untuk toko sepedanya sendiri, Polygon memberikan pelayanan yang nyaman bagi konsumen, selain itu ruangannya pun didesain sedemikian rupa sehingga memberikan kenyamanan bagi konsumen.

Polygon memiliki produksi beragam jenis sepeda, dari Racing bike, city bike, mountain bike, dan jenis sepeda lainnya. Polygon sendiri juga menggunaan bahan baku lokal Indonesia sebesar 40-60%. Hal ini tentunya sangatlah membanggakan. Apalagi produksi sepeda ini sangatlah baik dengan tim produksi yang ahli dan profesional.

Polygon juga selalu memperbarui sepeda dengan teknologi-teknologi terbaru, sehingga tak heran jika Polygon tak hanya disukai oleh masyarakat, namun juga banyak menerima penghargaan

Setiap tahunnya, Polygon selalu mencatatkan pertumbuhan produksi dengan besaran 30%. Karena sepeda ini memiliki kualitas Internasional, maka tak heran jika 60% produksinya diekspor ke berbagai negara di dunia, dari Asia Tenggara hingga di daratan Eropa.

Polygon ternyata tidak hanya meluaskan pangsa pasarnya dengan penjualan secara ritel, , namun Polygon juga melayani pembelian dengan sistem koperasi (perusahaan), komunitas, serta kampus. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk semakin meningkatkan hasil penjualan Polygon.  

Keberadaan sepeda Polygon ini tentunya memberikan kebanggaan bagi masyarakat Indonesia, dimana karya anak bangsa telah berhasil berkibar di dunia internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *