Macam-macam Sepeda Anak

Masa kanak-kanak adalah masa dimana penuh dengan keceriaan untuk bermain, salah satunya adalah bermain sepeda. Ada beragam sepeda anak yang tentunya harus disesuaikan dengan usia serta ukuran tubuh anak. Apabila orangtua ingin membelikan anak sebuah sepeda, maka bisa memilih beragam jenis sepeda untuk anak berikut ini:

  1. Sepeda Roda Tiga

Seperti halnya namanya, sepeda anak ini memiliki roda berjumlah tiga buah, satu bagian depan, dan dua bagian belakang kanan dan belakang kiri. Ukuran sepeda ini adalah yang paling kecil dan biasanya digunakan untuk anak berusia 1-2 tahun atau yang baru belajar berjalan. Sepeda ini ada yang memiliki fitur dorongan pada bagian belakang, karena biasanya anak belum terlalu kuat untuk mengayuh sepeda sehingga perlu didorong oleh orangtua dari belakang dan anak tinggal mengendalikan lajunya.

  1. Sepeda Roda Empat (Ukuran 12”)

Di atas sepeda roda tiga, ada sepeda roda empat atau yang berukuran roda 12”. Sepeda ini biasanya diperuntukkan bagi anak yang berusia 3-4 tahun. Sepeda ini memiliki rem serta 2 roda tambahan di bagian kanan serta kiri untuk melatih keseimbangan anak ketika naik sepeda. Apabila anak sudah mahir menjaga keseimbangan, maka roda tambahan tersebut bisa dilepaskan satu per satu hingga anak bisa melaju dengan seimbang tanpa jatuh.

  1. Sepeda Roda Dua (Ukuran 16”)

Anak yang semakin bertumbuh besar tentunya juga membutuhkan sepeda yang ukurannya lebih besar pula, oleh karena itu untuk anak berusia 4-6 tahun sebaiknya dipilihkan sepeda roda dua dengan ukuran ban 16” sehingga pas dengan ukuran tubuhnya. Selain itu, sepeda ini juga akan melatih anak agar mempunyai kontrol yang baik. Tinggi dari sepeda ini adalah 100-125 cm, sepeda ini juga sudah dilengkapi dengan rem tangan sehingga lebih aman ketika dikendarai. Kebanyakan sepeda ukuran ini hanya memiliki dua roda karena digunakan oleh anak yang sudah bisa naik sepeda, namun ada pula beberapa merk sepeda yang masih memberika fitur dua roda kecil sebagai tambahan untuk anak yang belum bisa naik sepeda.

  1. Sepeda Roda Dua (Ukuran 20”)

Untuk anak berusia 6-9 tahun sebaiknya menggunakan sepeda dengan ukuran roda 20”. Sepeda ini memiliki tinggi 120 – 135 cm dengan kecepatan yang bisa diatur. Untuk anak-anak yang menggunakan sepeda ini biasanya sudah mulai mahir naik sepeda dan bisa mengontrol kecepatan ketika melaju.

  1. Sepeda Roda Dua (Ukuran 24”)

Jika orang dewasa menggunakan sepeda gunung, maka sepeda dengan ukuran roda 24” ini adalah versi mininya yang memang diperuntukkan untuk anak. Sepeda ini sebaiknya digunakan untuk anak berusia 9-12 tahun karena memiliki tinggi 135 – 163 cm yang tentunya bisa dijangkau untuk anak usia tersebut.

Itulah beberapa jenis sepeda anak yang bisa menjadi pilihan, orangtua harus bisa memilih yang sesuai dengan usia dan ukuran tubuh anak agar anak tetap aman ketika bermain atau berkendara menggunakan sepeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *