Tips Memilih Sepeda Baru untuk Anak

Salah satu jenis permainan yang pasti disukai oleh anak adalah bersepeda. Aktifitas ketika mengayuh serta mengendalikan stang sepeda bisa membuat anak terlatih syaraf motoriknya. Untuk membelikan sepeda baru untuk anak, pastinya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut:

Sesuaikan dengan Usia

Sepeda anak di pasaran memiliki beragam jenis, oleh karena itu sebelum membeli, sepeda harus disesuaikan dengan usia anak. Misalnya untuk anak usia 1-2 tahun, pilihkan anak sepeda jenis roda tiga.

Ukuran Sepeda yang Tepat

Sesuaikan ukuran sepeda dengan tubuh anak. Hal ini perlu dipenuhi untuk menghindarkan anak dari kecelakaan, misalnya untuk menghindarkan anak agar tidak jatuh ketika mengendarai sepeda. Pastikan anak bisa mengayuh pedal sepeda yang digunakan sehingga anak akan merasa nyaman ketika berkendara.  

Rangka Sepeda Kuat

Saat membeli sepeda, pastikan jika sepeda tersebut memiliki rangka yang kuat. Untuk mengetahui apakah rangka sepeda kuat ataukah tidak adalah dnegan cara melihat ke arah ban depan ke belakang, apabila terlihat lurus maka artinya sepeda tersebut layak untuk digunakan oleh anak.

Rem Sepeda

Untuk mengetahui apakah rem sepeda berfungsi dengan baik ataukah tidak adalah dengan cara memutar roda sepeda kemudian lakukan pengereman. Apabila saat direm mengeluarkan bunyi, itu tanda bahwa sepeda tersebut tidak layak untuk dibeli. Rem yang memiliki kondisi baik, biasnaya akan langsung berhenti ketika rem ditekan, adanya rem ini tentunya sangatlah penting karena akan mempengaruhi kegiatan anak serta keselamatan anak saat bersepeda.

Baca juga: Tips Memilih Sepeda BMX yang Tepat

Stang yang Tepat

Posisi stang yang tepat juga akan memberikan pengaruh pada kenyamanan. Usahakan stang tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan tubuh anak agar bisa diraih atau dijangkau dengan mudah oleh anak.

Pemilihan Velg

Pilih sepeda baru untuk anak yang memiliki velg yang bagus. Velg yang bagus adalah velg yang terbuat dari bahan logam campuran atau bahan aluminium, sehingga akan lebih kokoh dan tidak mudah karat. Velg dari bahan tersebut cenderung memiliki cengkeraman yang kuat ketika rem difungsikan.

Selain dari segi bahannya, pertimbangan lain ketika memilih velg adalah ukuran dari velg tersebut. Sesuaikanlah ukuran velg dengan usia anak yang akan menggunakan sepeda tersebut. Adapun rincian dari ukuran velg yang disarankan adalah sebagai berikut:

Untuk anak berusia di bawah empat tahun, sebaiknya memakai velg verukuran 30 cm. Untuk anak berusia empat hingga enam tahun, disarankan memilih velg dengan ukuran 40 cm. Untuk anak berusia enam hingga delapan tahun, dirasankan memilih velg sepeda dengan ukuran 45 cm, sepentara untuk anak-anak berusia delapan hingga dua belas tahun, pilihlah velg sepeda berukuran 50 cm.

Pelindung Rantai

Pelindung rantai juga merupakan hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli sepeda baru untuk anak-anak. Anak-anak biasanya cenderung teledor ketika bersepeda, tidak jarang celana atau rok mereka akan masuk ke dalam rantai sehingga sobek. Yang sering terjadi, celana atau rok anak akan kotor jika terkena rantai. Oleh sebab itu, memilih sepeda anak dengan pelindung rantai sangat disarankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *