Tips Membeli Sepeda Baru

Sepeda merupakan jenis kendaraan yang saat ini banyak dijadikan sebagai alternatif untuk mendukung mobilitas seseorang.  Jalanan yang semakin padat dan macet membuat banyak orang memilih sepeda karena dianggap lebih efisien dan lebih hemat. Apalagi, di sebagian kota besar terdapat jalur khusus untuk sepeda sehingga pesepeda dapat berkendara dengan aman dan nyaman. Selain itu, harga sepeda yang relatif jauh lebih murah dibandingkan dengan harga kendaraan bermotor juga menjadi salah satu alasan mengapa masih banyak orang yang membutuhkan sepeda untuk menunjang mobilitasnya. Saat ini, banyak sekali jenis sepeda yang dijual di pasaran, mulai dari model, ukuran, hingga merknya. Dalam memilih sepeda, banyak hal yang harus dipertimbangkan agar sepeda yang dipilih nantinya sesuai dengan apa yang diinginkan, terutama dari azas manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa tips memilih sepeda baru.

Mempertimbangkan Fungsi

Sebelum memutuskan membeli sebuah sepeda, hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah fungsinya. Setiap sepeda yang diproduksi oleh pabrik umumnya didesain untuk fungsinya masing-masing, misalnya sepeda gunung atau sepeda mtb yang didesain untuk difungsikan di daerah pegunungan atau medan berat lainnya, atau sepeda bmx atau bicycle moto-cross yang didesain untuk freestyle, atau sepeda kantor yang didesain untuk digunakan ke kantor. Tidak hanya dari jenisnya, masing-masing jenis sepeda juga memiliki modelnya sendiri-sendiri, dengan spesifikasi yang berbeda-beda pula. Mempertimbangkan bahwa setiap jenis dan model memiliki spesifikasinya masing-masing, maka pilihlah sepeda baru berdasarkan fungsinya.

Baca juga: Tips Memilih Sepeda Sport untuk Balap

Mempertimbangkan Medan

Selain fungsinya, medan yang akan lebih banyak dilintasi oleh sepeda tersebut juga harus dipertimbangkan. Sebab setiap sepeda juga didesain untuk menempuh medan-medan tertentu, dan setiap jenis sepeda difasilitasi dengan berbagai onderdil dan beragam fitur yang menunjang untuk melintasi berbagai medan tersebut. Misalnya, sepeda gunung, dilengkapi dengan onderdil berupa suspensi yang berfungsi untuk meminimalisir terjadinya guncangan ketika sepeda melintas di jalanan berbatu atau jalan yang tidak rata, sehingga tetap membuat nyaman pengendara. Suspensi di sepeda gunung pun bermacam-macam, ada yang hardtrail (satu suspensi), ada pula yang full suspension (dua suspensi). Dari contoh kasus sepeda gunung ini, maka meda harus benar-benar dipertimbangkan. Jika ingin menggunakan sepeda di jalanan yang relatif rata misalnya, maka sebaiknya memilih sepeda jenis work bike.

Mempertimbangkan Budget

Budget seringkali diabaikan oleh orang yang akan membeli sepeda baru, padahal, menentukan anggaran ketika akan membeli sepeda sangatlah penting. Seringkali calon pembeli akan tergiur dengan berbagai jenis dan model sepeda terbaru sehingga tidak lagi memilikikan anggaran atau uang yang tersedia. Maka sebelum membeli sepeda, maka sebaiknya Anda melihat rujukan mengenai harga dan spesifikasi sepeda terbaru untuk memiliki pandangan tentang sepeda yang harganya paling cocok dan modelnya paling sesuai dengan sepeda yang Anda inginkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *