Tips Memilih Roda Sepeda Sport untuk Balap yang Tepat

Banyak pengguna sepeda sport yang ternyata belum memahami bagaimana cara memilih roda sepeda balap yang tepat. Oleh karena itu, dibutuhkan pengukuran yang tepat atau bike fitting (pengepasan) dengan menyetel sepeda sesuai postur tubuh pengguna. Kenapa harus memilih sepeda yang tepat? Pertama untuk menghindarkan pengendara sepeda dari cedera lutut serta punggung, kemudian yang kedua adalah untuk memberikan kenyamanan ketika bersepeda dalam waktu yang lama. Kemudian untuk yang ketiga, pengguna sepeda akan mendapatkan gerakan kayuhan yang efisien. 

Untuk mendapatkan ukuran ban sepeda yang tepat, maka perlu dilakukan hal-hal berikut ini ketika memilih roda sepeda sport untuk balap.

Perhatikan Kenyamanan

Hal pertama yang harus dilakukan tentunya adalah memperhatikan kenyaman posisi badan. Jangan hanya memperhatikan sudut tepat atau ukuran yang pas, namun pengguna juga harus merasakan kenyamanan

Memilih Ukuran Rangka yang Tepat

Pengepasan sepeda dengan cara memilih ukuran rangka yang tepat, untuk sepeda biasanya menggunakan ukuran panjang dari seat tube dari puncak hingga ke bagian tengah.

Sesuai Tinggi Badan Pengguna

Setiap sepeda tentunya harus disesuaikan dengan tinggi badan pengguna. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk mencari rekomendasi ukuran yang tepat. Apabila kurang memahami ukuran, bisa bertanya pada penjaga toko sepeda sehingga bisa memberikan saran. Atau bisa juga dengan mengunjungi situs website produsen sepeda yang hendak dibeli untuk mencari panduan ukuran yang tepat.

Lalu apa yang harus dilakukan jika terlanjur membeli sepeda dengan ukuran yang tidak sesuai? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu sebagai berikut:

Sesuaikan Ketinggian Sadel

Hal pertama yang harus disesuaikan dan disetel adalah sadel. Maka apabila sadel sudah sesuai, maka kemampuan tubuh akan lebih baik dan terhindarkan dari cedera. Jangan menyetel sadel terlalu rendah karena akan membuat tekanan pada lutut semakin tinggi sehingga akan menyebabkan cedera di lutut. Jangan pula menggunakan setelah sadel terlalu tinggi karena ini akan mengharuskan pinggul berayun agar bisa mencapai sadel, dan ini bisa mengakibatkan rasa sakit pada bagian bawah punggung serta bagian selangkangan. Dengan adanya penyetelan ini maka paha pengendara akan membentuk sudut yang sesuai dengan betis.

Cara yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan mengayuh sepeda menggunakan tumit sehingga bisa diketahui apakah posisi sadel sudah benar.

Posisi Sadel Maju Mundur

Posisikan sadel dengan cara dipaskan maju mundur, untuk melakukan ini dibutuhkan tali serta bandul  kemudian kayuh pedal hingga berada pada posisi horizontal, cek tali apakah sudah bisa melintas ke bagian pusat pedal ataukah belum.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan ukuran roda serta cara penyesuaian sepeda sport agar membuat tubuh menjadi nyaman serta tidak membuat tubuh menjadi sakit atau nyeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *