Tips Memilih Sepeda BMX yang Tepat

Sepeda BMX adalah jenis sepeda yang digunakan untuk freestyle atau gaya bebas. Sebenarnya, Lintasan BMX sendiri terdiri dari dua macam kategori, yaitu BMX Super Cross dan BMX Freeride.

BMX Super cross memiliki desain yang terinspirasi dari motorcross, sehingga anak-anak pada era tahun 70-an menjajal lintasan dengan menggunakan sepeda. Permainan sepeda ini menggunakan lintasan dengan beragam obstacle, ada lintasan superbowl, berm, triple jump, dan lain sebagainya. Kunci kemenangan dalam BMX Super Cross ini kecepatan sepeda.

Sedangkan untuk BMX Freeride terbagi ke dalam BMX Park, BMX Bowl, BMX Street, BMX Dirt Jump, dan BMX Flatland. Untuk BMX Bowl, Dirt Jump, dan Street mempunyai perbedaan hanya pada medan yang dipakai. BMX street atau park memakai ramp yang terbuat dari bahan kayu yang disusun pada medan yang berlapis aspal atau beton.

BMX Dirt Jump memakai lompatan dari tanah, sedangkan untuk BMX Bowl adalah permainan yang dilakukan di medan yang mirip dengan kolam renang.

Rider yang bermain di lintasan BMX Dirt jump, bowl, atau street harus melakukan trik-trik yang memiliki kesulitan tinggi agar bisa mendapatkan poin. Sedangkan bagi rider yang ingin bermain di lintasan BMX Flatland hanya membutuhkan media datar yang ukurannya tidak terlalu besar. Untuk mendapatkan poin, para rider harus bisa melakukan trick tanpa harus menurunkan kaki.

Baca juga: Cek Di Sini Harga Terbaru Sepeda BMX 2017

Bagi yang ingin mempelajari olahraga BMX dan ingin membeli sepeda BMX, ada beberapa hal yang harus diketahui agar sepeda yang dibeli benar-benar berkualitas:

Ukuran Sepeda

Sebelum membeli, tentukan terlebih dahulu ukuran sepeda freestyle yang dibutuhkan. Ketika memilih sepeda freestyle BMX sebaiknya ukuran frame nya haruslah sama karena kenyamanan pengendara ditentukan dari tipe stang serta kursi yang yang tepat.

Frame Kokoh

Cari sepeda freestyle BMX dengan frame yang kokoh serta tidak memiliki titik lemah. Hal ini dikarenakan sepeda freestyle lebih banyak digunakan untuk melakukan berbagai macam trik di beton serta trotoar yang landai.

Ban Sepeda

Saat hendak membeli, jangan lupa untuk memeriksa kondisi ban sepeda. Ban sepeda freestyle harus mempunyai permukaan yang halus sehingga bisa dipakai di permukaan yang halus seperti trotoar dan beton.

Rem Sepeda

Pilih sepeda freestyle yang memiliki rem depan serta rem belakang. Rem depan berguna untuk mengontrol sepeda, oleh karena itu keberadaan rem ini sangatlah penting, apalagi untuk bermanuver dan melakukan trik-trik khusus menggunakan sepeda freestyle.

Aksesori Sepeda

Sebelum membeli, periksa pula aksesori sepeda. Pastikan aksesori yang ada pada sepeda tidak menganggu ketika melakukan trik-trik tertentu. Pilih kabel bersistem de-tangling, kabel ini bisa membuat roda depan berputar bebas sehingga roda depan serta belakang bisa melakukan trik standing.

Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan saat akan membeli sepeda BMX agar bisa memperoleh sepeda yang tepat dan dapat digunakan untuk freestyle di lintasan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *