Jenis-jenis Sepeda Gunung yang Bisa Menjadi Pilihan

Salah satu sepeda yang banyak dicari adalah sepeda gunung, alasannya adalah sepeda ini tangguh di segala medan, baik itu di jalan yang halus, maupun di jalan terjal seperti di pegunungan. Namun ternyata mountain bike ini jenisnya ada beragam, yaitu sebagai berikut:

  1. Sepeda All Mountain (AM)

Sepeda all mountain ini hampir semuanya bertipe full-suspension. Sepeda all mountain ini memiliki desain yang cocok untuk melintasi medan-medan yang berat, contohnya seperti tanah atau jalanan berbatu, hutan, perbukitan yang naik turun, serta medan offroad dengan jarak yang jauh. Kelebihan dari sepeda all mountain ini ialah sepeda ini tahan di medan berat namun tetap memberikan kenyamanan bagi siapapun yang mengendarainya. Kekurangan dari sepeda ini adalah ketika berada di jalan menanjak dan curam, sepeda ini kurang bisa memberikan tenaga sehingga pengendara akan menjadi letih.

  1. Sepeda Cross Country (XC)

Sepeda gunung cross country merupakan jenis sepeda yang paling disarankan bagi pemula yang ingin mencoba melintasi medan off road namun yang tidak terlalu berat, misalnya seperti jalanan yang ada di pedesaan. Sepeda ini memiliki desain yang mengakomodir penggunanya agar bisa mengayuh lebih efisien serta optimal, baik ketika dikendarai di jalan aspal maupun di jalan tanah yang tidak terlalu rata.

  1. Sepeda Freeride (FR)

Sepeda Freeride mempunyai bobot lebih berat jika dibandingkan dengan sepeda mountainbike lainnya. Sepeda ini memiliki desain sedemikian rupa sehingga bisa bertahan ketika digunakan untuk aktivitas-aktivitas ekstrim misalnya seperti ketika melompat dari tempat yang tinggi. Sepeda ini memiliki rangka yang kuat, akan tetapi kemampuannya tidak selincah jenis All Mountain. Bobotnya yang berat juga membuat sepeda ini kurang cocok jika digunakan untuk melintasi jalur tanjakan atau jalur dengan jarak yang jauh.

  1. Sepeda Downhill (DH)

Sebagaimana namanya, sepeda ini memang didesain untuk menuruni gunung serta bukit dengan aman, cepat, dan nyaman. Sepeda downhill mempunyai suspensi belakang yang berguna sebagai peredam benturan ketika melewati jalanan berbatu. Sepeda downhill memiliki kelebihan berupa kecepatan tinggi serta mampu menikung dalam kondisi stabil. Sepeda downhill termasuk jenis sepeda yang kurang nyaman ketika dikayuh karena sepeda ini memang lebih mengutamakan desain untuk melaju dengan cepat.

  1. Sepeda Dirtjump (DJ)

Sepeda Dirtjump memiliki desain seperti halnya sepeda BMX yang cocok untuk digunakan sehari-hari di jalanan aspal ataupun digunakan untuk atraksi ekstrim. Sepeda ini juga sering disebut dengan Urban Mountain Bike.

Itulah beberapa jenis sepeda gunung yang bisa dijadikan pilihan. Sebelum membeli sebaiknya pilih yang sesuai kebutuhan, apakah untuk melintasi medan berat, atau hanya untuk bersepeda santai ketika acara car free day dan olahraga ringan saja.  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *