Tips Memilih Sepeda Terbaik yang Aman dan Nyaman

Akhir-akhir ini, seruan untuk meninggalkan kendaraan bermotor pribadi dengan memilih kendaraan umum atau memakai sepeda terus digalakkan. Macetnya jalanan yang disebabkan oleh terlalu banyaknya volume kendaraan yang melintas di jalanan, juga polusi udara yang dihasilkan oleh asap pembuangan dari sisa pembakaran pada mesin kendaraan menyebabkan udara kota menjadi tercemar dan tidak sehat. Sadar akan seruan tersebut, kini banyak orang yang beralih menggunakan sepeda untuk mendukung mobilitasnya. Apalagi, bersepeda akan membuat orang lebih sehat. Untuk menunjang mobilitas seseorang, banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih sepeda. Memilih sepeda yang cocok sebenarnya gampang-gampang susah, dan baik tidaknya sebuah sepeda sama sekali tidak ditentukan oleh harganya. Berikut ini akan dibahas mengenai tips memilih sepeda terbaik yang aman dan nyaman.

Mempertimbangkan Medan

Hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum memilih sepeda terbaik adalah medan yang akan banyak dilalui. Setiap sepeda diproduksi untuk digunakan di medan-medan tertentu. Setiap spefisikasi yang tersemat pada sepeda dibuat sesuai dengan medan. Misalnya, sepeda untuk medan pegunungan, akan difasilitasi dengan shock yang akan meminimalisir guncangan, material yang tidak patah, dan permukaan ban yang dibuat dengan motif tertentu. Oleh sebab itu, pikirkan terlebih dahulu medan yang akan lebih banyak dilalui. Jika misalnya akan lebih banyak digunakan di medan yang halus, memilih sepeda model country akan lebih aman. Sebaliknya jika akan digunakan di medan pegunungan atau jalanan yang tidak rata, memilih mountain bike akan lebih cocok.

Mempertimbangkan Kegunaan

Tidak hanya medan, kegunaan dan fungsi sepeda juga perlu dipertimbangkan. Banyak sekali jenis-jenis sepeda yang diproduksi sesuai dengan kegunaannya masing-masing, misalnya jika ingin digunakan untuk freestyle, pilihlah sepeda BMX. Pilihlah sepeda sesuai dengan kegunanannya agar lebih aman dan nyaman.

Baca juga: 4 Pilihan Bahan Frame Sepeda

Mempertimbangkan Postur Tubuh

Postur tubuh merupakan hal yang sering luput dipertimbangkan ketika memilih sepeda. Padahal, sepeda yang dipilih harus disesuaikan dengan postur tubuh pengendara atau pemiliknya, sebab kenyamanan pengendara harus diutamakan. Yang harus diperhatikan pertama-tama terkait dengan postur tubuh adalah tinggi sepeda, pastikan bahwa ketika duduk di sadel sepeda, kaki si pengendara dapat memijak tanah dengan baik. Selain tinggi, jangkauan tangan ke setir juga harus dipertimbangkan. Jangan memilih sepeda yang setirnya sulit dijangkau oleh tangan, sehingga pengendaranya harus membungkuk. Pilihlah sepeda dengan ukuran yang proporsional sesuai dengan bentuk dan postur tubuh penggunanya.

Mempertimbangkan Budget

Selain mempertimbangkan keamanan fisik, keamanan kantong juga harus diperhatikan. Jika tidak waspada, kita akan mudah tergiur untuk membeli sepeda terbaik dengan harga yang mahal sehingga dapat menguras tabungan. Pilihlah sepeda dengan harga yang terjangkau namun dengan kualitas yang baik. Memilih sepeda second atau sepeda bekas dengan kondisi yang masih bagus dan onderdilnya original dapat dijadikan alternatif untuk lebih menghemat pengeluaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *