Tips Memilih Gear Sepeda untuk Semua Lintasan dan Medan

Salah satu hal yang mempengaruhi performa sebuah sepeda adalah gear. Benda yang sering disebut sebagai gigi sepeda, cassette, crank, atau sprocket inilah yang membuat sepeda dapat menaklukkan berbagai kontur lintasan dan memudahkan pengendara sepeda dalam mengayuh sehingga lebih ringan. Biasanya, dalam sebuah sepeda terdapat setidaknya dua gear yang dikombinasikan, yang memiliki fungsinya masing-masing, baik untuk menanjak maupun untuk lintasan menurun. Selain membuat kayuhan lebih ringan, gear juga mampu membantu pengendara dalam mengatur kecepatan yang diimbangkan dengan kayuhan kaki. Pengatur gear yang terletak di stang kemudi memudahkan pengendara untuk mengatur setelan gear sesuai dengan apa yang diinginkan. Kombinasi gear akan sangat berpengaruh pada efektivitas pesepeda dalam mengayuh, dan berdampak pada daya tahan kompenen-kompenen lain pada sepeda. Untuk menghasilkan kombinasi gear terbaik, berikut ini adalah beberapa tips memilih gear sepeda untuk semua lintasan dan medan.

Rumus Dasar Pengaturan Gear

Untuk mengatur gear sesuai dengan setelan normal yang cocok untuk semua lintasan, maka aturlah gear dalam jarak yang ideal, yang menggunakan rumus: jumlah gigi dari crank depan X (dikali) diameter roda/ jumlah sprocket belakang. Rumus tersebut akan menghasilkan setelan gear sepeda yang disebut gear inches, yang mampu menunjang pengendara untuk mengayuh dengan ringan.

Sebagai contoh, jika crank depannya berukuran 53/39, sementara diameter roda 27 inchi, dan sepeda menggunakan sproket 11/28. Angka pertama menunjukkan kecepatan maksimal, sementara angka kedua menunjuukan kelambatan. Maka cara menghitungnya adalah 53×27, kemudian dibagi 11 akan menghasilkan angka 130″, itulah angka kalkulasi gear yang diberoleh untuk kecepatan. Semantara untuk angka yang terakhir yang menunjukkan kelambatan dan merupakan patokan untuk membantu tanjakan, maka hitungannya adalah 32×27:28, maka akan menghasilkan angka 37.6″. Untuk penerapan rumus di atas pada kecepatan dan tanjakan, bisa melihat uraian di bawah ini.

Untuk Menambah Kecepatan

Agar sepeda dapat melaju lebih cepat, Anda bisa melihat ukuran gear yang tersedia terlebih dahulu. Jika kalkulasi gear dapat menjangkau angka 100″, maka gear tersebut sudah cukup bagus digunakan untuk ngebut. ┬áMaka pilihlah crank depan dengan ukuran di atas 50/35.

Untuk Tanjakan

Medan yang menanjak sering menyulitkan pengendara yang membuat pengendara harus mengayuh dengan keras hingga lelah. Padahal, dengan memanfaatkan pengaturan gear, mengayuh sepeda di medan yang menanjak akan terasa ringan. Untuk membantu pengendara dalam medan menanjak, pastikan patokan gearnya mencapai 20″ atau mendekati angka tersebut. Maka sproketnya sekitar 10/25.

Jika rumus di atas dirasa sulit, untuk mempermudah kinerja pengaturan gear sepeda, datanglah ke bengkel terdekat dan lihatlah berbagai ukuran gear yang tersedia. Pilihlah gear dengan berpatokan pada angka di atas, yaitu crank depan di atas 50/35 (jika sepeda ingin tambah cepat), untuk sproket 10/25 (jika ingin menanjak dengan ringan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *