Mengenal Berbagai Jenis Frame Sepeda Terbaru

Ketika membeli sebuah sepeda, banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk mendapatkan sepeda yang aman dan nyaman, sebab masing-masing sepeda didesain untuk keperluan tertentu dan medan tertentu pula. Memilih sepeda dengan desain yang sesuai dengan kegunaannya sangat dianjurkan demi keamanan dan kenyamanan. Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan ketika membeli sepeda adalah melihat bentuk frame atau rangkanya. Rangka sepeda merupakan bagian yang membedakan satu jenis sepeda dengan jenis sepeda lainnya. Rangka sepeda gunung, misalnya, didesain berbeda dengan sepeda kerja yang cenderung digunakan di medan yang datar. Memilih sepeda dengan rangka yang salah atau tidak sesuai dengan fungsinya sangat berbahaya sebab selain berpotensi mencelakai pengemudinya, rangka sepeda yang tidak sesuai fungsi akan mudah patah. Terdapat beberapa jenis rangka sepeda yang standar dijual di pasaran. Berikut ini akan diulas mengenai berbagai jenis frame sepeda terbaru, mulai dari bahan hingga fungsinya, sebagai rujukan bagi Anda dalam memilih sepeda paling cocok dan aman.

Frame Carbon Fiber

Frame carbon fiber merupakan rangka yang terbuat dari bahan serat karbon dengan mengandalkan cetakan sehingga menjadi sebuah rangka sepeda. Frame jenis ini banyak dimanfaatkan untuk frame sepeda gunung dan sepeda jalan datar. Frame yang satu ini dikenal sangat ringan dan ketika proses produksinya sangat mudah dibentuk dan dicetak sesuai dengan keinginan. Meski sangat ringan, frame jenis ini sangat padat sehingga mampu mengurangi getaran jika sepeda melintas di medan yang tidak datar atau medan berbatu. Salah satu keunggulan lain dari frame carbon fiber adalah bahannya tidak mudah berkarat sehingga tidak mudah terkena korosi. Melihat keunggulan-keunggulan dari frame yang mengandalkan bahan karbon ini, tidak heran jika frame jenis ini menduduki sebagai frame dengan harga paling mahal. Namun sayangnya, frame carbon fiber kurang tahan terhadap benturan. Jika terkena benturan keras, frame ini akan mudah retak.

Baca juga: Tips Memilih Sepeda Gunung yang Ideal

Frame Titanium

Frame titanium merupakan jenis frame paling umum pada sepeda. Frame jenis ini sangat populer dipakai untuk sepeda yang diproduksi pada tahun 1990-an. Teknologi pengolahan bahan yang mulai berkembang pada awal dekade tersebut membuat para produsen sepeda mulai beralih dari pemanfaatan rangka berbahan besi yang dikenal sangat berat, menjadi rangka berbahan titanium yang lebih ringan, namun memiliki ketahanan yang hampir setara dengan besi. Pemanfaatan titanium yang notabene merupakan logam langka ini membuat frame jenis ini berharga mahal, namun harga yang mahal tersebut sebanding dengan kualitasnya. bahan frame titanium lebih mengkilap dibandingkan dengan rangka berbagan besi atau rangka berbahan aluminium. Frame titanium banyak dimanfaatkan untuk produksi sepeda kantor yang memang mengandalkan gaya dan tampilan.

Selain frame carbon dan frame titanium, jenis frame sepeda lainnya yang banyak dimanfaatkan untuk memproduksi sepeda terbaru adalah frame aluminium alloy. Frame jenis ini dikenal ringan dan memiliki harga terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *