Tips Memilih Helm Sepeda yang Aman dan Nyaman.

Dalam berkendara, faktor keamanan merupakan suatu hal yang harus diutamakan dan dipertimbangkan. Mengutamakan keamanan ketika akan berkendara akan menghindarkan kita dari kemungkinan mengalami kecelakaan fatal, atau setidaknya mengurangi potensi dan risiko dari kecelakaan yang sewaktu-waktu dapat menimpa siapapun di jalan raya. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menjaga keamanan dalam berkendara adalah mengenakan alat-alat pengaman yang sesuai dengan kendaraan yang akan digunakan, misalnya sabuk pengaman untuk mobil, dan helm untuk sepeda. Terkait dengan helm, alat pengaman kepala ini tidak hanya berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan, melainkan juga melindungi dagu agar terhindar dari benturan langsung dengan benda keras. Oleh sebab itu, memilih helm ketika akan bersepeda tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, melainkan harus mempertimbangkan banyak faktor, seperti ukuran, jenis, dan bentuknya. Berikut ini akan dibahas mengenai tips memilih helm sepeda yang aman dan nyaman.

Helm yang Sesuai Ukuran Kepala

Pilihlah helm khusus bersepeda yang sesuai dengan ukuran kepala. Fungsi utama helm sepeda adalah untuk melindungi kepala dari benturan langsung dengan benda keras atau benda tumpul ketika terjatuh atau ketika terjadi kecelakaan. Jika mengenakan helm yang tidak pas, maka benturan langsung pada kepala akan sangat rentan terjadi. Cobalah dahulu helm yang akan dibeli dan pilihlah helm yang ukurannya benar-benar pas, terutama lebarnya. Jika sudah menemukan helm yang pas, pastikan bagian dalam helm tersebut dilengkapi dengan pengaman yang lembut agar kepala dapat terlindungi secara maksimal.

Pilihlah spons atau busa pelindung dalam yang tahan terhadap tekanan, sebab banyak sekali jenis spons yang dapat kempes jika terkena tekanan. Jika spons di dalam helm mudah kempes, maka lebar helm berpotensi menjadi lebih longgar, sehingga ukuran helm tidak akan pas lagi seperti ketika pertama kali dipakai.

Baca Juga: Pentingnya Menggunakan Helm Sepeda

Pilih Helm yang Sesuai dengan Standar

Saat ini, sudah terdapat lembaga-lembaga pengawas produksi alat-alat kelenngkapan berkendara yang bertugas untuk mengawasi dan memastikan bahwa produk yang dikeluarkan oleh sebuah pabrik sudah memenuhi standar. Salah satu lembaga yang menyediakan sertifikat helm khusus sepeda adalah CPSC (Consumer Product Safety Commision), CE, atau Snell yang merupakan lembaga keamanan internasional khusus yang mengawasi alat keamanan berkendara. Di Indonesia, helm yang lulus uji dan sesuai dengan standar akan diberi tanda SNI (Standar Nasional Indonesia) yang berarti helm tersebut aman untuk digunakan.

Pilih Helm Berventilasi

Pilihlah helm sepeda yang difasilitasi dengan lubang ventilasi yang banyak di bagian atasnya. Lubang ventilasi pada helm khuss sepeda berfungsi sebagai tempat sirkulasi udara sehingga rambut kepala pengendara tidak akan merasa gerah atau kepanasan ketika berkendara. Dengan banyaknya lubang ventilasi, sirkulasi udara ke kepala akan berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *