Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Fixie yang Wajib Diketahui

Sepeda fixie adalah salah satu jenis sepeda yang banyak digandrungi saat ini, bahkan penggunaan fixie kini tengah menjadi tren bagi masyarakat urban yang tinggal di perkotaan. Akan tetapi, apabila ingin membeli fixie, jangan asal membeli, akan tetapi sebelumnya harus mengetahui terlebih dulu apa kelebihan dan kekurangan dari sepeda ini. Dan berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan fixie yang wajib diketahui. Untuk permulaan akan dibahas terlebih dahulu mengenai kelebihan fixie

Simpel dan Trendi

Sepeda fixie memiliki desain yang simpel dan trendi, karena bagian kerangkanya lebih ramping ringan, selain itu untuk bagian ban juga lebih ramping dan kecil jika dibandingkan dengan jenis sepeda lainnya. Sehingga bagi pengguna fixie tak hanya bisa menjadi sehat dengan sepeda ini, namun juga bisa tampil trendi dan stylish.

Cocok untuk Beragam Action

Bentuknya yang ramping, serta bobotnya yang ringan membuat sepeda ini cocok digunakan untuk beragam action, bisa digunakan untuk teknik lambat, teknik mundur, serta beragam teknik lainnya.

Ringan

Sepeda ini memiliki bobot yang ringan, sehingga saat dikendarai sangatlah nyaman, apalagi pada bagian bannya menggunakan ban tipis dengan rolling resistant yang lebih rendah.

Minimalis

Penampilan fixie juga terbilang sederhana dan minimalis karena tidak adanya group set, sifter, serta kabel rem.

Sparepart Murah

Tak perlu takut jika fixie mengalami kerusakan, karena sparepart atau suku cadang sepeda ini memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan jenis sepeda road bike dan mountain bike.

Low Maintenance

Karena suku cadangnya murah, maka untuk biaya perawatan sepeda ini pun rendah, selain itu karena tampilan sepeda ini begitu sederhana, maka perawatannya pun lebih mudah dan simpel sehingga tak memakan banyak biaya.

Selain memiliki kelebihan, fixie juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah sebagai berikut

Tanpa Rem Tangan

Bagi yang terbiasa menggunakan sepeda yang memiliki rem tangan, maka untuk menaiki fixie akan mengalami sedikit kesulitan karena sepeda ini tak mempunyai hand brake atau rem tangan. Oleh karena itu pengguna perlu mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara melajukan, memperlambat, dan menghentikan sepeda ini dengan nyaman.dan aman, yaitu dengan memutar pedal sepeda ke arah belakang.

Satu Gear

Sepeda ini juga hanya memiliki satu gear saja, oleh karena itu kurang cocok jika ingin digunakan untuk perjalanan jarak jauh karena akan melelahkan karena harus mengayuh lebih kuat.

Tidak Untuk Offroad

Fixie tidak bisa digunakan untuk segala medan lintasan. Fixie tidak cocok untuk offroad, fixie hanya cocok digunakan untuk lintasan onroad yang halus saja. Menggunakan fixie di lintasan offroad justru akan mempercepat kerusakan sepeda.

Itulah kelebihan serta kekurangan sepeda fixie. yang wajib diketahui. Dengan mengetahui kelebihan serta kekurangannya, tentunya kita akan lebih tahu bagaimana cara merawat fixie agar awet dan tidak cepat rusak.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *