Tips Memilih Sepeda BMX untuk FreeStyle

Saat ini, bermain sepeda dan beradu berbagai trik freestyle sedang menjadi trend di kalangan anak muda yang hidup di kota-kota besar. Berbagai arena dan lintasan untuk freestyle semakin banyak dibangun untuk memanjakan anak muda dalam menjalankan hobbynya. Beradu trik dan kemampuan di arena dan lintasan yang tepat akan lebih aman dibandingkan dengan menyalurkan hobby di jalan raya. Terdapat banyak sekali jenis sepeda yang dijadikan tunggangan ketika melakukan trik-trik freestyle, seperti BMX, sepeda mtb, hingga sepeda fixie. Dalam memilih sepeda yang tepat untuk frestyle, terdapat banyak hal yang harus dipertimbangkan, terutama memperhatikan lintasan yang akan dijadikan arena melakukan gaya bebas tersebut. Salah satu sepeda yang dianjurkan untuk digunakan ketika freestyle adalah BMX. Berikut ini adalah beberapa tips memilih sepeda BMX untuk freestyle.

Memperhatikan Rangka Sepeda

Rangka pada sepeda BMX didesain bermacam-macam, dan umumnya didesain dengan rangka atau frame ganda. Apapun jenis dan desain rangka atau frame yang dipilih, pastikan rangka sepeda yang dipilih adalah rangka tang kuat dan kokoh, sebab ketika melakukan freestyle, sepeda akan mengalami benturan-benturan dan bantingan, sehingga jika rangka yang dipilih tidak kuat, justru akan membahayakan pengendara. Rangka sepeda yang paling cocok untuk freestyle adalah yang bahannya ringan namun kokoh, sebab keringanan bobot dan kekokohan sepeda menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan melakukan berbagai trik freestyle.

Jangan abaikan pula bagian-bagian penunjang rangka sepeda, terutama di bagian sambungan yang disatukan dengan cara dilas. Pastikan las pada rangka dan penunjangnya sangat kuat dan tidak akan lepas ketika sepeda terbanting dari tempat yang tinggi. Perhatikan kerapihan sambungan las dan alignment pada rangka sepeda, kemudian ujilah kekuatannya. Pesepeda atau freestyler harus mengetahui kekuatan setiap bahan frame dan mencari frame yang paling bisa dikuasainya.

Memperhatikan Tapak Ban

Selain rangka, tapak ban juga harus menjadi bahan pertimbangan dalam memilih BMX yang tepat untuk dipakai freestyle. Pilihlah tapak yang dapat melekat di semua permukaan lintasan, baik liontasan yang berbahan semen, aspal, beton, hingga fyber. Pastikan bahwa ban dapat melekat secara sempurna ketika mendarat dari udara. Pastikan pula rem depan dan rem belakang sama-sama berfungsi dengan baik, sebab banyak sekali gerakan dan trik freestyle yang mengandalkan fungsi rem sebagai tumpuan.

Memperagakan berbagai gaya freestyle dengan sepeda BMX memang menyenangkan dan menggembirakan hati, apalagi jika kita sudah mengusai berbagai trik dan teknik freestyle yang sulit dilakukan oleh kawan kita. Tidak semua orang bisa memperagakan gerakan-gerakan freestyle yang bahkan cenderung berbahaya. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu memakai pengaman seperti body protect setiap akan melakukan freestyle.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *