Tips Membeli Sepeda Terbaru

Saat ini sepeda tak hanya menjadi sarana transportasi saja, namun juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban yang mulai suka menggunakan sepeda untuk berolahraga, pergi ke kantor, dan akhirnya bergabung ke komunitas pecinta sepeda. Dengan berkembangnya olahraga bersepeda, banyak orang yang tentunya ingin membeli sepeda baru. Dan berikut ini adalah tips membeli sepeda terbaru yang bisa diaplikasikan:

  1. Tentukan Anggaran

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menentukan anggaran. Berapa dana yang dianggarkan untuk membeli sepeda, apakah ratusan ribu, jutaan, atau belasan juta. Sesuaikan anggaran yang dimiliki dengan sepeda yang akan dibeli. Jangan hanya karena mengejar gengsi, akhirnya mengeluarkan anggaran melebihi batas yang sudah ditentukan. Sebisa mungkin pilih toko atau merk sepeda yang memang sudah terpercaya track recordnya. Untuk itu, tak ada salahnya untuk bertanya pada rekan sesama penghobi sepeda sebelum membeli agar tidak tertipu.  

Baca juga: Mau Beli Sepeda? Kenali Dulu Model Sepeda yang Ada!

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Berbeda dengan zaman dulu yang mana sepeda hanya digunakan untuk sarana transportasi saja, karena saat ini ada beragam sepeda yang bisa dijadikan pilihan. Dari sepeda gunung, sepeda downhill, sepeda lintas alam, sepeda balap, dan lain sebagainya. Oleh karena itu sangatlah penting untuk memilih sepeda apa yang cocok. Pastikan sepeda yang dibeli sesuai dengan kebutuhan agar tidak mubazdir di kemudian hari. Tak perlu malu jika memang harus membeli sepeda keluaran tahun lawass, karena yang terpenting adalah kenyamanan dan dapat mengakomodir kebutuhan.

  1. Komponen dan Part Sepeda

Memang tidak mudah membandingkan komponen serta part sepeda antara yang satu dengan yang lainnya. Sebaiknya pilih komponen serta part sepeda tambahan yang memang dibutuhkan, karena banyak komponen atau part sepeda memiliki harga yang tidak murah. Untuk lebih baiknya, sebaiknya pilih komponen yang bergerak terlebih dahulu seperti, RD, hub, dan rim.

  1. Diskon dan Bonus

Toko sepeda memang jarang yang memberikan diskon atau bonus, namun ada juga yang memberikan diskon serta bonus untuk pembelian komponen atau part sepedanya. Maka sering-seringlah memantau grup pesepeda atau website toko sepeda untuk mendapatkan update terbaru mengenai harga komponen dan part sepeda.

  1. Test Ride dan Baca Review

Sebelum membeli sepeda, sebaiknya melakukan test ride dulu dengan menggunakan sepeda milik teman. Test ride ini sangatlah penting karena kita bisa mengukur sepeda mana yang cocok, sesuai tubuh, dan sesuai dengan kebutuhan kita. Selain itu, baca juga review-review mengenai sepeda yang akan dibeli di internet atau di majalah-majalah sepeda sehingga bisa menentukan mana sepeda terbaru yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan agar mendapatkan sepeda terbaru, baik dari sisi harga juga yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai karena minim pengetahuan tentang sepeda, akhirnya justru malah membeli sepeda yang salah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *