Cara Menggunakan Gear Sepeda yang Benar

Saat ini sepeda tak hanya digunakan sebagai moda transportasi yang murah dan ramah lingkungan, namun sepeda juga bisa menjadi sarana olahraga sekaligus eksistens diri dalam suatu kelompok pertemanan. Ada beragam jenis sepeda yang ada di pasaran, seperti BMX, Fixie, dan yang paling banyak digunakan adalah jenis sepeda gunung yang memiliki gigi yang bisa dipindahkan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Akan tetapi banyak pengguna sepeda gunung yang tak memahami penggunaan gear sepeda ini sehingga akhirnya membuat gear menjadi rusak.

Sebelum memahami penggunaan gear sepeda ini, lebih baik kenali dulu aneka macam gear yang ada pada sepeda. Gear sering disebut juga dengan gigi sepeda yang mana memiliki beragam tingkatan, dari yang 21 speed, 22 speed, hingga 27 speed, dan berikut ini adalah posisi gigi sepeda beserta dengan fungsinya:

Gigi Depan Posisi 1

Ketika gigi depan diatur dalam posisi 1 atau paling kecil, maka fungsinya adalah untuk melaju di tanjakan atau ketika sepeda sedang membawa beban yang cukup berat.

Gigi Depan Posisi 2

Pada posisi ini rantai berada di bagian tengah, fungsinya adalah ketika melajukan sepeda dalam posisi santai, posisi gigi ini cocok untuk pesepeda yang suka jalan-jalan santai atau tidak terlalu kua mengayuh.

Gigi Depan Posisi 3

Posisi ini rantai dengan ukuran paling besar, pada posisi ini berfungsi ketika mengebut misalnya ketika pesepeda ada di jalan menurun sehingga beban ketika mengayuh dapat dikurangi. Sepeda yang memiliki kecepatan 22 speed atau 27 speed kemudian dipadukan dengan gigi belakang yang pas bisa membuat laju sepeda mencapai kecepatan 60 kilometer per jam.

Cara pemindahan gigi depan yang benar ialah dari posisi gigi 1 ke posisi gigi 3, kayuh sepeda dengan cepat namun jangan terlalu bertenaga, kemudian pindahkan gigi pada posisi 2 kemudian ke posisi 3. Apabila tidak dilakukan dengan cepat bisa menyebabkan rantai bergesekan dengan gigi. Sedangkan untuk mengurangi gigi, cukup dengan memutarnya ke posisi kecil tanpa harus mengurangi tenaga pada kayuhan sepeda. Dan kesalahan yang sering terjadi adalah ketika pesepeda salah mengkombinasikan antara gigi depan serta gigi belakang sehingga membuat rantai dan gigi cepat rusak.

Untuk itu, berikut ini adalah kombinasi yang tepat antara gigi depan dan gigi belakang pada sepeda:

Jalan Menanjak

Posisi gigi depan 1 = Posisi gigi belakang 1,2,3

Jalan Santai

Posisi gigi depan 2 = Posisi gigi belakang 1,2,3,4

Jalan Kecepatan Tinggi

Posisi gigi depan 3 = Posisi gigi belakang 4,5,6,7

Perpaduan gigi atau gear sepeda ini harus diingat dengan baik, selain membuat acara bersepeda terasa lebih nyaman, juga agar sepeda tidak cepat rusak. Tentunya akan sangat sayang jika sepeda rusak hanya karena kesalahan penempatan posisi gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *