Tips Membeli Sepeda Bekas

Di tengah banyaknya kendaraan motor di jalan raya sehingga menimbulkan banyak kemacetan, sepeda kembali dipilih sebagai alat transportasi untuk mempercepat laju, selain lebih cepat, lebih hemat, lebih sehat, dan tentunya ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polisi. Kondisi jalanan yang macet memang membuat orang ingin membeli sepeda, tak hanya sepeda baru, namun sepeda second juga menjadi incaran banyak orang, dan berikut ini adalah tips membeli sepeda bekas yang bisa diaplikasikan:

  1. Memahami Seluk Beluk Dunia Sepeda

Sebelum membeli sepeda, termasuk juga membeli sepeda, sebaiknya pelajari terlebih dahulu mengenai dunia sepeda. Jangan langsung membeli sepeda tanpa mengetahui spesifikasi serta kemampuan sepeda tersebut. Ketahui terlebih dahulu mengenai bagian sepeda, komponen sepeda, keaslian sepeda, merk sepeda yang berkualitas, dan lain sebagainya.

  1. Sesuaikan Kebutuhan

Ada banyak jenis sepeda yang dijual di pasaran, beragam jenis sepeda itu tentunya memiliki fungsi serta karakteristik yang berbeda-beda. Misalnya seperti sepeda antik, sepeda balap, sepeda gunung, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tentukan terlebih dahulu sepeda seperti apa yang dibutuhkan sebelum membelinya.

Baca juga: Daftar Harga Sepeda Lipat Baru dan Bekas Berbagai Merek

  1. Beli Sepeda Langsung dari Pemilik Awal

Apabila ingin membeli sepeda bekas, sebaiknya beli langsung sepeda tersebut dari pemilik awal, bukan toko yang menjual sepeda second. Hal ini karena apabila dibeli dari pemilik awal maka kondisi sepeda biasanya terawat dengan baik. Selain itu, harganya pun bisa lebih miring atau lebih murah dibandingkan jika membeli di toko sepeda second.

  1. Cek Kondisi Sepeda

Sebelum membeli sepeda second, sebaiknya cek terlebih dulu kondisi sepeda tersebut, seperti rangkanya, sambungan sepedanya, rantai, rem, dan segala detail bagian sepeda agar tidak kecewa setelah pembelian.

  1. Mencoba Sepeda

Apabila membeli sepeda second, jangan ragu untuk meminta ijin penjual agar diperbolehkan mencoba sepeda untuk mengetaui performa dan kemampuan sepeda tersebut. Dengan mencoba sepeda terlebih dahulu, tentunya akan bisa juga merasakan apakah sepeda tersebut nyaman ataukah tidak.  

  1. Jaminan Sepeda

Tanyakan jaminan sepeda tersebut, apakah sesuai dengan yang dikatakan penjual ataukah tidak. Jangan sungkan untuk meminta jaminan mengenai spesifikasi dan kemampuan sepeda tersebut. Jangan sampai terkecoh dengan penjual yang menyembunyikan kekurangan atau kecacatan sepeda hanya karena ingin memperoleh harga yang tinggi.

  1. Mengajak Teman yang Paham Sepeda

Meski telah membaca beragam review, tak ada salahnya untuk mengajak teman yang paham dengan dunia sepeda. Hal ini selain untuk mencegah penipuan juga untuk memberikan referensi dan masukan yang tepat ketika membeli. Bahkan, bisa juga meminta bantuan untuk memilihkan sepeda second yang tepat dan murah.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan saat ingin membeli sepeda bekas agar bisa mendapatkan sepeda yang tepat, nyaman, serta aman dengan harga yang terjangkau.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *