Pentingnya Menggunakan Helm Sepeda

Berbeda dengan para pengendara motor, sebagian besar pengendara sepeda masih belum memahami aturan keselamatan bagi pengguna sepeda, salah satunya adalah keengganan untuk menggunakan helm sepeda.

Ada banyak alasan yang sering dilontarkan kenapa mereka tidak mau menggunakan helm sepeda, dari alasan ribet, mahal, dan tidak memandang penting penggunaan helm ini. Pengendara sepeda yang seringkali memacu kendaraannya lebih pelan memandang bahwa kecelakaan sepeda tidak akan berakibat fatal. Padahal, resiko mengendarai sepeda sama besarnya dengan mengendarai motor, akan tetapi hal ini kerapkali diabaikan.

Bersepeda memang memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan, seperti fakta yang ada di Denmark, Cina, Inggris, dan Belanda yang menunjukkan bahwa aktivitas bersepeda memberikan efek yang besar bagi kesehatan. Penelitian yang dilakukan di Inggris juga menyebutkan bahwa orang yang tidak mengendarai sepeda memiliki resiko gagal jantung lebih tinggi dibandingkan resiko kematian karena kecelakaan kendaraan bermotor.

Meski memiliki manfaat besar bagi kesehatan, bukan berarti pengendara sepeda bisa mengabaikan keselamatan dengan tidak menggunakan helm ketika menggunakan sepeda di jalan raya.

Di Amerika Serikat, sebuah jurnal pernah melaporkan bahwa dua-pertiga pengendara sepeda yang mengalami kecelakaan dan dirawat di rumah sakit menderita cidera kepala, dan 90 % kematian disebabkan adanya kecelakaan antara pengendara sepeda dengan kendaraan bermotor. Sedangkan di Inggris juga disebutkan bahwa bersepeda memiliki resiko cedera dan kematian yang lebih tinggi dibandingkan dengan mengendarai kendaraan bermotor.

Sepeda memang menjadi pilihan transportasi terbaik, bahkan saat ini sudah banyak jalan raya di Indonesia yang dilengkapi dengan jalur sepeda. Akan tetapi masih banyak pula pengendara kendaraan bermotor yang tidak memahami jalur khusus tersebut dan seringkali menyerobot hingga akhirnya mengakibatkan kecelakaan, sehingga adanya jalur khusus pun belum menjamin keselamatan para pengendara sepeda.  

Penggunaan helm ketika bersepeda sangatlah penting karena memiliki fungsi untuk mengurangi cedera di kepala serta otak hingga 88 persen. Sehingga ini membuktikan bahwa helm merupakan alat keselamatan yang paling efektif ketika bersepeda.

Hampir 70 % kecelakaan yang terjadi pada pengendara sepeda mengakibatkan cedera di bagian kepala, dan sayangnya tak banyak yang menyadari akibat tersebut sehingga masih enggan menggunakan helm, padahal penggunaan helm yang tepat mampu mengurangi cedera di kepala hingga 45.000 kasus.

Penggunaan helm kepada pengendara sepeda ini tentunya harus pula didukung oleh aparat penegak hukum dan disosialisasikan lebih masif lagi oleh aparat yang terkait seperti polisi lalu lintas. Hal ini karena pengendara sepeda juga termasuk pengguna sarana lalu lintas yang wajib dilindungi.

Pengendara sepeda pun harus memiliki kesadaran pula bahwa biaya membeli helm sepeda tentunya tak akan lebih mahal dibandingkan biaya kesehatan yang harus dikeluarkan sebagai akibat dari kecelakaan. Dengan penggunaan helm, semoga akibat fatal dari kecelakaan sepeda bisa dihindari, karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *