Kiat-kiat Memilih Sepeda Gunung yang Nyaman

Salah satu jenis sepeda yang banyak digunakan untuk berpetualang adalah sepeda gunung. Sepeda jenis ini merupakan sepeda yang didesain untuk melintasi medan-medan yang berat seperti pegunungan. Sepeda yang juga dijuluki dengan sepeda MTB (mountain bike) ini memiliki beberapa kriteria khusus, yaitu kerangkanya harus kuat namun ringan, agar mudah dipacu ke tempat yang menanjak dan tidak mudah patah ketika membentur permukaan benda gunung yang keras. Sepeda ini juga harus dilengkapi dengan shock breaker atau peredam goncangan agar pengemudinya tidak kesakitan ketika sepeda digunakan di lintasan yang tidak rata. Selain itu, ban yang dipilihkan untuk sepeda jenis ini adalah ban khusus yang memiliki kemampuan mencengkeram sangat baik, sebab sepeda MTB umumnya digunakan di lintasan yang miring seperti gunung, sehingga mampu mencengkeram permukaan jalan atau tanah dengan kuat. Berikut ini adalah kiat-kiat memilih sepeda MTB atau sepeda untuk track pegunungan yang nyaman digunakan.

  • Memiliki Gear yang Banyak

Salah satu letak perbedaan antara sepeda biasa dengan sepeda gunung terletak pada bagian gear atau gigi rantainya. Pada umumnya, sepeda MTB memiliki gear miknimal 18 gear pindah, dan tidak jarang juga sepeda MTB yang memiliki 30 gear. Fungsi gear pada sepeda ini adalah untuk mengatur berat dan ringannya kayuhan yang dilakukan oleh si pengemudi, juga untuk mengatur kecepatan dan mengatur kenyamanan dalam mengayuh. Pengaturan gear pada sepeda ini biasanya terletak di sisi dalam kedua pegangan setir, yang bisa diatur dengan mudah dengan cara dipindahkan tuas gearnya dengan menggunakan jari jempol. Pilihlah sepeda MTB dengan gear yang banyak, misalnya dengan 30 gear. Sepeda MTB dengan 30 gear berarti sepeda tersebut memiliki tiga piringan untuk penopang rantai, sehingga mampu menghasilkan 30 tingkat kecepatan yang berbeda. Tidak hanya kecepatannya yang dapat diatur, pengemudi sepeda ini juga dapat mengatur tingkat berat dan ringannya kayuhan sesuai dengan kemampuannya.

  • Memilih Sepeda MTB Full Suspension

Sepeda MTB dengan full suspension merupakan sepeda yang bagian garpu depannya didesain dengan suspensi. Sepeda MTB dengan sismensi akan memiliki peredam kejut sehingga ban belakang dapat naik-turun mengikuti medan jalan yang dilalui. Dengan memilih sepeda MTB full suspension, laju sepeda akan lebih mudah dikontrol ketika melintas di permukaan yang tidak rata seperti di pegunungan. Suspensi pada sepeda MTB juga berungsi untuk meredam benturan ketika pengendara melintas dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah atau menurun. Gerakan menikung akan lebih stabil meski sepeda sedang melaju dengan kecepatan tinggi, sehingga pengemudi sepeda ini tetap aman dari guncangan.

Itulah beberapa kiat memilih sepeda gunung yang nyaman. Kenyamanan bagi pengemudi merupakan satu hal yang utama agar kegiatan tracking yang dilakukan denagan mengendarai sepeda dapat berjalan menyenangkan, tidak membuat pengemudinya cepat lelah dan aman dari guncangan yang akan membuat tulang pinggul lebih cepat lelah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *