Kiat-kiat Memilih Sepeda Anak yang Aman

Ketika anak-anak sudah mulai bisa berjalan, salah satu permintaan mereka yang tidak bisa ditolak oleh para orang tua adalah ketika anak meminta dibelikan sepeda. Anak-anak meminta dibelikan sepeda umumnya untuk digunakan bermain bersama teman-temannya, dan tidak jarang sepeda juga digunakan sebagai alat transportasi untuk menuju sekolah dan menuju tempat les, sehingga keberadaannya cukup penting. Namun, tidak semua orang tua memenuhi permintaan anaknya untuk dibelikan sepeda. Selain alasan finansial, salah satu kekhawatiran orang tua ketika menolak membelikan sepeda untuk anaknya adalah faktor keamanan. Ketika sudah memiliki sepeda, anak-anak tentu akan cenderung menggunakannya di jalan raya, yang notabene merupakan tempat yang ramai oleh lalu-lalang kendaraan sehingga orang tua akan khawatir anaknya akan jatuh di jalan atau bahkan terserempet oleh kendaraan lain. Berikut ini adalah kiat-kiat memilih sepeda anak yang aman.

  • Mempertimbangkan Panjang Kaki si Anak

Salah satu faktor yang membuat anak kecil jatuh dari sepeda adalah karena kaki mereka kurang panjang dan tidak dapat menyentuh tanah, sehingga ketika sepeda yang mereka naiki dalam keadaan oleng, mereka tidak bisa mengimbangkannya sebab kakinya sulit menggapai tanah, sehingga akhirnya mereka akan terjatuh. Untuk itu, para orang tua hendaknya bijak dalam memilihkan sepeda untuk anaknya, yaitu dengan mempertimbangkan panjang kaki si anak. Pilihlah sepeda anak yang memang sesuai dengan panjang kakinya, yaitu ketika si anak tersebut duduk di sadel sepeda, kakinya tetap dapat menjangkau tanah. Dengan memilih sepeda dengan ukuran yang sesuai, maka potensi anak akan terjatuh dari sepeda dapat diminimalisir.

  • Memilih Rangka Sepeda yang Rendah

Rangka merupakan bagian yang menghubungkan antara setir dan palang sadel. Bagian ini seringkali berbahaya bagi anak jika terlalu tinggi. Tidak jarang, banyak sekali sepeda yang diproduksi dengan rangka yang hampir sama tingginya dengan tinggi sadel. Hal tersebut tentu akan berbaya. Ketika kaki si anak gagal menjangkau tanah dan panggulnya terlepas dari dael, maka bagian tulang selangka anak akan terbentur dengan rangka besi, yang tentu akan membuat si anak akan kesakitan. Bagi anak perempuan, sepede dengan rangka yang tinggi akan sangat berbahaya bagi organ kewanitaannya. Untuk itulah, orang tua harus memilihkan sepeda dengan rangka rendah, yaitu setidaknya ukuran rangka sepeda tidak lebih tinggi paha si anak.

  • Memilih Sepeda dengan Pelindung Rantai

Anak-anak sering tidak mempedulikan bagian rantai ketika naik sepeda, sehingga tidak jarang celana atau rok yang dikenakannya masuk ke dalam rantai yang mengakibatkan celana atau rok tersebut sobek. Hal yang paling sering terjadi, celana atau rok si anak terkena cairan oli yang menempel pada rantai sepeda, yang imbasnya akan membuat pakaian yang dikenakan anak akan kotor dan terkena noda. Memilih sepeda anak yang dilengkapi dengan pelindung rantai sangat disarankan, sebab selain melindungi pakaian anak, pelindung rantai akan menghindarkan kaki anak dari terkena gesekan yang dapat melukainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *