Tips Merawat Sepeda yang Mudah Dilakukan

Ingin membuat kendaraan tanpa menjadi lebih awet atau tahan lama? Kendaraan tanpa mesin ini sangat populer akhir-akhir ini. Hal ini karena adanya isu pemanasan global yang sering menjadi topik perbincangan. Untuk itu apabila Anda ingin menjadikan lingkungan menjadi bersih dan bebas polusi udara tak ada salahnya mencoba kendaraan tanpa mesin ini. Seringnya digunakan tentu saja membuat jenis kendaraan ini mudah mengalami kerusakan. Untuk itu ketika membelinya Anda sebaiknya juga mengetahui mengenai tips merawat sepeda yang mudah. Dengan perawatan yang dilakukan tentu saja akan menjadikan kendaraan tersebut menjadi lebih awet.

Tips perawatan sepeda yang mudah yaitu:

  • Mencuci dengan air sabun

Langkah awal menjaganya agar lebih awet atau tahan lama adalah dengan mencuci dengan menggunakan air sabun hingga bersih. Sabun yang digunakan ada baiknya jenis shampo khusus. Sehingga akan lebih maksimal saat membersihkan dan tidak menimbulkan karat. Namun pada saat mencucinya jangan lupa langsung mengeringkannya. Tujuannya agar tidak menimbulkan karat pada rantai sepeda nantinya.

  • Menyetel gigi

Untuk memudahkan membersihkan bagian rantai ada baiknya menyetel gigi depan pada bagian rantai paling besar. Sedangkan pada bagian bawah menjadi rantai paling kecil. Anda bisa menggunakan sikat gigi yang keras dan berbahan kaku. Bersihkan seluruh rantai dengan bantuan air panas. Tujuannya agar kotoran berupa sisa oli yang bercampur dengan tanah atau debu dapat hilang dengan maksimal.

  • Cairan pembersih rantai

Anda disarankan menggunakan cairan pembersih rantai. Dengan cairan khusus ini tentu saja akan lebih mudah dalam membersihkan rantai dan membuatnya lebih bersih dan awet. Anda bisa membeli di toko perlengkapan kendaraan tanpa mesin ini. Menjaga rantai agar tetap awet tentu saja memberikan kemudahan dalam mendapatkan kenyamanan saat mengendarai kendaraan ini. Untuk itu gunakan tips merawat sepeda yang mudah ini dan ajarkan kepada anak Anda.

  • Gunakan oli

Pada saat menggunakan cairan pembersih rantai maka silahkan untuk mengoleskan secara merata ke seluruh bagian rantai. Anda bisa membersihkan sisa pelumas kotor yang masih tersisa dengan lap yang bersih. Apabila dirasakan bahwa rantai telah bersih tak ada salahnya untuk segera mengoleskan pelumas pada rantai. Untuk membuat pelumas atau oli dapat tercampur rata. Ada baiknya angkat sedikit roda sepeda dan putar bagian pedalnya.

  • Bersihkan sisa pelumas

Baca Juga :Perlengkapan Naik Sepeda yang Wajib digunakan

Apabila pada saat mengoleskan pelumas terjadi percikan pada kabel. Segera bersihkan menggunakan lap yang sebelum diberikan air. Dengan demikian akan membuat kabel menjadi lebih terawat. Anda juga dapat memberikan bagian tuas kabel sedikit pelumas. Tujuannya membuat fungsi seluruh organ pada kendaraan ini menjadi lebih maksimal. Penggunaan pelumas merupakan salah satu tips merawat sepeda agar memiliki kinerja yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *