Tips Memilih Sepeda MTB, Buat Yang Hobi Bersepeda Gunung

shutterstock_281412968-300x200Setiap orang tentu memiliki hobi yang berbeda-beda. Ada orang yang lebih menyukai aktivitas yang memicu adrenalin, ada juga yang biasa-biasa saja. Salah satu bentuk hobi yang bisa dilakukan untuk keduanya adalah bersepeda dengan sepeda MTB. Atau biasa juga disebut dengan sepeda gunung atau memiliki singkatan mountain bike. Sepeda ini tak hanya bisa digunakan di tempat ekstrim, bahkan MTB ini juga bisa Anda bawa ke kantor di pagi hari.

Karena pada dasarnya, ada beberapa jenis sepeda gunung ini. khususnya jika dilihat dari sisi disiplin atau kegunaan. Dimana jenis MTB ini adalah:

  1. Cross country trail atau TCX. Sepeda ini cenderung ditujukan bagi Anda yang ingin bersepeda gunung secara santai. Sehingga, ukuran rangka depan tidak terlalu pendek, sekitar 12 sampai 14 cm. dengan demikian, meskipun menemukan jalanan kasar, pengendara tetap nyaman.
  2. Cross country atau CX. Merupakan versi lain dari TCX dan ditujukan untuk medan berat, tetapi dikhususkan untuk penghobi awal. Sehingga ukuran rangka depan sedikit pendek, agar tetap bisa dikayuh dengan cepat saat di medan kasar dan tanjakan.
  3. All mountain atau disebut juga Enduro. MTB yang satu ini bisa dikatakan versi yang sempurna. Karena bisa untuk jalanan ekstrem maupun jalan raya biasa.
  4. Free ride dan Downhill. Sepeda ini hampir sejenis, downhill memiliki double suspensi sehingga ketika menuruni bukit tetap bisa dikayuh dengan kencang. Adapun untuk Free ride, tidak selincah downhill karena fokusnya adalah untuk lompatan.
  5. Dirt jump yang biasanya digunakan untuk free style ataupun untuk balapan dalam kota.

Baca Juga: Tips Memilih Sadel Sepeda Agar Nyaman Dipakai

Dari kesemua jenis sepeda diatas, pada dasarnya tergantung Anda lebih menyukai yang mana. Namun yang pasti, sebelum Anda memilih sepeda MTB yang paling Anda butuhkan, Anda perlu mengetahui bahwa ada beberapa faktor yang bisa membuat bersepeda menjadi nyaman atau tidak. Salah satunya adalah dengan membandingkan ukuran tubuh dengan rangka bersepeda. Karena jika ukuran ini tidak tepat, maka alih-alih mendapatkan kesenangan, Anda bisa saja kelelahan di tengah jalan.

Adapun cara mengukur ukuran tubuh in adalah dengan:

  • Tentukan inseam Anda. Yaitu ukuran yang diambil dari paha bagian pangkal sampai dengan tanah tempat Anda berpijak. Fungsinya untuk menyetel saddle sampai dengan pedal.
  • Tinggi tubuh. Fungsinya adalah untuk mengetahui jarak atau ukuran saddle sampai stang depan, sehingga Anda tidak capek mengayuh.

Setelah mendapatkan ukuran inseam dan tinggi tubuh, tinggal dipilih rangka yang sesuai. Perlu diingat, jika rangka terlalu besar dan tidak sesuai dengan ukuran, maka akan terasa sangat tidak nyaman. Kecuali untuk kepentingan free style atau downhill. Untuk sepeda MTB sendiri, ukuran rangka adalah antara 13 sampai 22. Misalnya Anda memiliki inseam 28,5 inch dan tinggi badan 155 cm, maka pilih saja sepeda dengan rangka 15.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *