Tips Memilih Sadel Sepeda Agar Nyaman Dipakai

Bersepeda adalah sebuah hobi yang memiliki banyak penggemar. Bahkan tiap tahunnya penggemar sepeda semakin banyak. Ini dibuktikan dengan semakin banyaknya kemunculan grup pecinta sepeda. Hobi bersepeda lebih dipilih oleh banyak orang karena beberapa alasan. Misalnya biayanya lebih murah dan olahraga ini juga lebih fleksibel. Untuk melakukan olahraga sepeda juga bisa dilakukan di segala medan tergantung dari keinginan Anda. Berbicara soal sepeda tentunya tak akan lepas dari yang namanya sadel sepeda. Sadel ini merupakan bagian terpenting dari sepeda bukan?

Sadel atau tempat duduk sepeda memiliki peranan penting bagi setiap pengendaranya. Ini karena sadel tak hanya digunakan sebagai tempat duduk saja. Tetapi juga digunakan sebagai tempat untuk bertumpu seluruh tubuh pengendara. Karena digunakan sebagai tempat untuk bertumpu pengendara, maka sangat penting untuk memilih sadel yang berkualitas yang nyaman. Jadi bayangkan saja jika pemilihan sadel tidak tepat, tentunya ini menyebabkan ketidaknyamanan pengendara dan bahkan bisa membahayakan kesehatan pengendara sepeda.

Baca Juga: Jenis & Harga Sepeda Polygon Terbaru

Agar tak salah memilih sadel sepeda, ada beberapa tips yang harus Anda ketahui. Antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pilihlah sadel dengan bahan pembuat yang fleksibel dan tidak kaku. Sehingga bisa mengikuti lekuk tubuh Anda selama bersepeda.
  • Usahakan memilih sadel yang empuk sehingga lebih nyaman saat diduduki. Apalagi jika durasi waktu Anda bersepeda cukup lama. Hal ini akan lebih bermanfaat.
  • Pada saat membeli tak ada salahnya untuk memasangnya sekaligus. Setelah terpasang, barulah Anda mengendarai sepeda. Rasakan apakah sadel tersebut memberikan kenyamanan atau tidak.
  • Bila tak memberikan kenyamanan, lebih baik ganti saja dan jangan paksakan untuk membelinya meskipun memiliki desain yang unik dan langka.

Bagaimana jika pembelian sadel untuk sepeda ini dilakukan secara online? Meskipun membeli secara online, tetap saja ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pertama lebih baik pilih toko online penyedia sadel yang sudah terpercaya terutama dari segi kualitas. Kedua, karena Anda tak tahu bentuk dan kondisi aslinya akan lebih baik jika Anda membaca deskripsi lengkap yang dituliskan pada toko online tersebut. Terakhir pilihlah toko online yang menyediakan garansi. Sehingga jika tak merasa cocok Anda bisa menukarkannya. Agar Anda tak kecewa, tak ada salahnya mencari rekomendasi dari teman atau kerabat mengenai toko online sadel khusus sepeda.

Setelah menemukan sadel sepeda yang nyaman, kini saatnya Anda mengatur sadel tersebut pada sepeda. Atur ketinggian sadel pada sepeda sesuai dengan keinginan. Namun yang terpenting adalah tinggi sadel yang terpasang masih memberikan kenyamanan. Pasang secara tepat dan pastikan seluruh komponen terpasang secara kencang. Ini dimaksudkan untuk menghindari kecelakaan pada saat mengendarai sepeda. Demikian tips ini dan semoga bisa memberikan wawasan untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *